Simak 10 Album Britpop Terbaik Versi Pitchfork

Velodrome – Musik Britpop sempat berjaya di awal dan pertengahan tahun 90-an. Sejak saat itu sudah banyak album Britpop yang lahir diiringi dengan meluasnya aliran musik ini. Britpop adalah musik dan gerakan budaya yang berbasis di Inggris pada pertengahan tahun 1990 yang menekankan “Inggris”, dan semua hal yang  berasal dari Inggris, seperti musik pop catchy ceria.

Aliran ini banyak diartikan sebagai reaksi terhadap dominasi musik grunge dari Amerika Serikat dan scene musik shoegaze di Inggris. Empat band paling sukses yang berhubungan dengan gerakan ini antara lain Oasis, Blur, Suede dan Pulp yang dikenal sebagai “The Big Four”.

Rentang waktu dari kejayaan musik Britpop umumnya dianggap 1993-1997, dengan 1994-1995. Perseteruan antara Blur dan Oasis dijuluki “The Battle of Britpop”, yang menjadi pusat perhatian. Selain musik fashion dan seni, politik juga menjadi hal penting yang mendapat perhatian.

Unsur politik terlihat dari adanya keterlibatan artis seperti Damien Hirst dalam menciptakan video untuk Blur, yang kemudian dicap sebagai Britart atau seniman Britpop, juga keterlibatan Perdana Menteri Inggris Tony Blair dengan gerakan ‘New Labour’ .

Meskipun Britpop dipandang hanya sebagai alat pemasaran, dan lebih dari momen budaya dari gaya musik atau genre. Ada yang mempengaruhi band-band yang tergabung dalam scene Britpop yang memiliki kesamaan, seperti menampilkan unsur-unsur dari pop Inggris musik dari era 60-an, glam rock dan punk rock dari tahun tujuh puluhan, dan indie pop dari tahun 80-an.

Kesamaan tersebut terlihat tak hanya dalam musik mereka, namun juga sikap dan gaya berpakaian. Salah satu yang menjadi contoh adalah The Smiths dengan vokalis ikonik Morrissey. Britpop  muncul didorong oleh  band yang muncul dari scene musik independen pada awal 1990-an-dan dikaitkan dengan gerakan budaya populer Inggris pada saat itu.

Untuk membendung invasi musik ke Inggris oleh band-band grunge Amerika, band-band baru di Inggris seperti Blur dan Suede membuat gerakan dengan memposisikan diri sebagai kekuatan yang berlawanan dalam musik. Hal ini dilakukan dengan mereferensi musik gitar Inggris dari masa lalu dan menulis tentang topik dan kekhawatiran unik dengan cara Inggris.

Kemudian band-band ini segera bergabung dengang yang  lain termasuk Oasis, Pulp, The Verve, Supergrass, Cast, Placebo, Space, Sleeper dan Elastica.

Yuk kita simak 10 album Britpop terbaik versi Pitchfork.

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account