3 Robot Manusia Yang Benar-Benar Mirip Manusia

Robot Manusia

Velodrome – Robot manusia mungkin dahulu cuma sekedar khayalan belaka atau dilihat dibeberapa film-film besutan Hollywood. Kini rasanya teknologi tersebut bukan sekedar angan-angan saja, karena beberapa robot humanoid memang telah berhasil dibuat.

Pembuatan robot manusia ini bisa dikatakan mulai mendekati kesempurnaan fisik layaknya manusia. Dalam versi terbarunya, mereka bahkan mampu berbicara, berjalan bahkan memiliki mimik dan berekspresi layaknya manusia.

Beberapa dari mereka diklaim mampu melakukan pembicaraan dua arah dan mengingat manusia yang menjadi lawan bicaranya, sehingga jika bertemu dilain kesempatan akan mampu mengenalinya kembali berdasarkan pertemuan terakhir.

Hasil yang diharapkan dari pembuatan robot manusia ini sebenarnya adalah agar mereka mampu dijadikan asisten pribadi bagi kehidupan manusia sehari-hari. Misalnya saja pelayanan mereka dibutuhkan dalam urusan rumah tangga, menjaga anak-anak atau bahkan mengurus orang tua.

Dilansir dari futurism.com (9/8) berikut adalah beberapa robot humanoid yang telah berhasil dibuat dan masih dalam tahap uji coba serta penyempurnaan teknologinya.

Robot Manusia Pembawa Acara Berita

Image Source: Yoshikazu Tsuno/Getty Images

Pada tahun 2014 lalu, para ilmuwan Jepang dengan bangga memperkenalkan robot manusia buatan mereka dan diklaim merupakan robot pembawa acara berita pertama di dunia. Robot humanoid ini dinamai dengan Kodomoroid.

Baca Juga : Layar Smartphone Mampu Menyembuhkan Diri Setelah Retak

Saat itu, robot ini telah berhasil membacakan berita perihal gempa bumi dan serbuan FBI di salah satu stasiun televisi Jepang secara langsung. Namun kini Kodomoroid telah pensiun, ia sekarang ditempatkan di Tokyo’s National Museum of Emerging Science and Innovation.

Meski begitu pihak Jepang menyatakan bahwa robot ini tetap diaktifkan, ia membantu banyak pengunjung dalam mengumpulkan data-data yang dibutuhkan perihal penelitian interaksi antara manusia dan robot humanoid.

Geminoid DK

 

GeminoidDK dikatakan melebihi dari sekedar robot manusia biasa, ia bahkan diklaim sangat menyerupai manusia tiruannya. Robot humanoid ini merupakan buatan dari kolaborasi antara salah satu perusahaan Jepang dan Universitas Osaka, dimana proyek tersebut diawasi oleh Hiroshi Ishiguro, ia merupakan direktur dari University’s Intelligent Robotics Laboratory.

GeminoidDK sendiri merupakan tiruan dari seorang profesor asal Denmark, yaitu Professor Henrik Scharfe dari Universitas Aalborg. Yang mengejutkan, bukan hanya penampilan fisiknya saja yang mirip dengan aslinya, namun juga tingkah laku hingga kebiasaannya mampu ditirukan dengan sempurna.

Junko Chihira

Image Source: calenjapon/YouTube

Robot humaniod buatan Toshiba ini dipekerjakan pada sebuah pusat informasi bagi para turis di Tokyo. Robot in mampu memberikan sapaan serta informasi yang lengkap terkait acara yang saat ini sedang berlangsung.

Ia mampu berbicara dalam beberapa bahasa, contohnya Jepang, Mandarin, Inggris dan Jerman. Junko Chihira sebenarnya merupakan bagian dari proyek persiapan Jepang dalam menyelenggarakan Olimpiade Tokyo 2020.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account