5 Daftar Musisi Ini Masuk Kedalam “27 Club”

Velodrome – 27 club atau Klub 27, ada yang pernah dengar istilah ini? Istilah ini dipakai untuk menyebutkan musisi terkenal yang meninggal saat usia 27 tahun dan dalam puncak kejayaan sehingga disebut legendaris hingga saat ini. Memang umur ada ditangan Tuhan tapi percaya atau tidak angka 27 ini merupakan angka keramat buat para artis atau musisi didunia. Luar biasanya lagi, para legenda itu umumnya tewas secara mengejutkan lantaran overdosis obat terlarang, konsumsi minuman keras, dan yang lebih tragis adalah akibat pembunuhan bahkan bunuh diri.

Kesadaran akan para legenda musik yang berpulang di usia emas karir ini pertama kali dimunculkan oleh Charles R Cross, penulis biografi Jimi Hendrix dan Kurt Cobain. Menurut Cross, manusia dapat meninggal dunia kapan saja. Tapi, orang dari latar belakang profesi yang sama, terkenal, dan memiliki bakat istimewa dan meninggal di usia yang sama terhitung fakta yang langka.

Berikut para 5 musisi yang ada didalam 27 Club :

  1. Jimi Hendrix

jimi hendrik

James Marshall Hendrix, yang lebih dikenal Jimi Hendrix, merupakan legenda musik rock dan blues. Hendrix dianggap sebagai gitaris terbaik dunia hingga saat ini. Beberapa orang bahkan hingga saat ini masih menganggapnya sebagai pemain instrumental terbaik.

Terlahir dengan nama Johnny Allen Hendrix di Seattle, AS, 27 November 1942, Hendrix justru lebih dulu ngetop di Inggris dan Eropa. Beberapa bulan setelah pindah ke Inggris pada 1966, tiga lagu dari albumnya langsung memuncaki UK Top Ten. Setahun berselang dia berkesempatan tampil di Amerika dalam ajang Monterey Pop Festival. Nama Hendrix langsung melejit bersama lagunya yang memuncaki tangga lagu AS.

Kepiawaian performance serta eksentriknya gayanya membuat Hendrix menjadi musisi yang paling ditunggu sekaligus mendapat bayaran termahal pada zamannya. Sayang, kejayaan Hendrix berlangsung pendek. Dunia dikejutkan oleh kabar bahwa Hendrix ditemukan tewas di kamar apartemen pacarnya di London pada 17 September 1970. Diagnosa medis menunjukkan Hendrix meninggal setelah mengonsumsi barbiturate, sejenis asphyxia.

  1. Jim Morrison

Jim_Morrison

James Douglas Morrison adalah vokalis dan penulis lagu The Doors, Grup Musik Rock asal Los Angeles, AS, yang berjaya di era 60-an – 70-an. Jim Morrison adalah salah satu legenda rock yang paling dikenang hingga kini. Rolling stone menempatkan penyanyi berjuluk Mr.Mojo ini dalam daftar 50 penyanyi terbaik sepanjang masa.

Sebagaimana, musisi lain sezaman, Jim Morrison dikenal eksentrik dan berpenampilan liar di panggung. Perilaku bengal anak jenderal Marinir AS ini juga terlihat di luar panggung. Penyanyi yang juga dikenal sebagai penyair ini beberapa kali berurusan dengan aparat kepolisian lantaran terlibat pertengkaran. Jim juga merupakan pengguna obat terlarang. Drugs juga yang diduga telah merenggut nyawanya pada 3 Juli 1971 di Paris, Perancis. Sejumlah lagu dari musisi dan band terkenal, syair, hingga film didedikasikan untuk Jim Morrison untuk mengenang kepergiannya.

  1. Janis Joplin

janis joplin

Janis Lynn Joplin hingga saat ini dikenal sebagai “mutiara” genre musik blues rock dan soul. Penyanyi kelahiran Texas, 19 Januari 1943 ini melejit cepat diakhir era 60-an. Dengan suara dan penampilan yang khas, Janis Joplin sulit dicari tandingannya hingga kini. Tak heran bila sejumlah single-nya masih menjadi hits hingga kini, antara lain Me and Bobby McGee, To Love Somebody, Cry Baby, Mercedez Benz, dan Piece of My Heart.

Sebagaimana Jim Morrison, Rolling Stone memasukkan Janis Joplin dalam daftar 50 penyanyi terbaik sepanjang masa. Tahun 1995, namanya dimasukkan dalam daftar Rock and Roll Hall of Fame. Dia ditemukan dalam kondisi tewas di kamar sebuah motel di Hollywood pada 4 Oktober 1970. Diduga Joplin mengalami overdosis heroin bercampur alkohol. Kematiannya mengguncangkan dunia, terutama karena terjadi 16 hari setelah kematian ikon musik lainnya, Jimi Hendrix.

  1. Kurt Cobain

kurt cobain

Kurt Donald Cobain adalah anggota 27 Club yang kematiannya paling tragis. Vokalis, gitaris sekaligus penulis lagu grup rock grunge kondang Nirvana itu ditemukan tewas dengan luka tembak di kepala dengan dugaan bunuh diri. Kurt Cobain lahir di Aberdeen, AS, pada 20 Februari 1967. Bersama seorang rekannya, Kurt mendirikan Nirvana pada 1985. Album perdana mereka, “Bleach” dirilis pada 1989. Nama Nirvana baru benar-benar mendunia setelah peluncuran album kedua, Nevermind (1991) dengan lagu andalan “Smells like teen spirit”.

Banyak hal yang menjadi penyebab suami artis Courtney Cox ini melakukan percobaan bunuh diri. Tumbuh dalam keluarga broken-home menyebabkan kondisi psikis Kurt Cobain terganggu. Sebagai pelarian, Kurt Cobain sudah menjadi pengguna mariyuana dan jenis drugs serta alkohol lainnya sejak remaja. Selain itu, Kurt juga menderita penyakit bronkitis akut yang kerap mengganggunya saat menjalani konser keliling dunia.

  1. Amy Winehouse

amy winehouse

Amy Jade Winehouse, Penyanyi sekaligus penulis lagu bergenre soul, RnB, Jazz, dan Reggae ini menjadi wanita pertama yang meraih gelar terbanyak dalam satu pegelaran Grammy Awards. Lima penghargaan diraihnya pada pegelaran Grammy Awards 2008. Tiga di antaranya berasal dari kategori bergengsi, yaitu Lagu Terbaik, Artis Pendatang Baru Terbaik, dan Rekaman Terbaik. Secara total, Winehouse memenangkan 23 penghargaan pada level domestik maupun internasional.

Sayangnya, Winehouse terhitung kontroversial dengan gaya hidup bebasnya, termasuk kebiasaan sebagai pecandu drugs dan alkohol. Kebiasaan itulah yang juga menjadi penyebab musisi kelahiran London, 14 September 1983 ini meninggal dunia dalam usia muda. Dia dinyatakan meninggal dunia di rumahnya, Camden, London, pada 23 Juli 2011 sore akibat keracunan alkohol.

Selain nama-nama di atas, terdapat beberapa figur terkenal lainnya di blantika musik yang meninggal di usia 27 tahun. Beberapa di antaranya, Robert Johnson (musisi blues), Brian Jones (pendiri & bassist Rolling Stones), dan Gary Thain (bassist Grup Band Uriah Heep)

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

©2019 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account