Abaca, Kacamata Berteknologi Karya Siswi Asal Yogyakarta

Velodrome – Kabar inspiratif datang dari dua pelajar siswi kelas 2 SMP Negeri 2 Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta Yulia Dwi Kustari dan Muftihah Rahmawati yang membuat sebuah alat bantu membaca bernama Abaca.

Abaca adalah sebuah kacamata yang berfungsi membantu penggunanya agar dapat membaca secara ideal. Alat ini dibuat menggunakan Program komputer bernama Arduino, serta satu buah baterai 9 Volt sebagai sumber dayanya.

Cara kerjanya adalah dengan memberikan suara dan sinyal dari lampu LED jika si pembaca tidak dalam posisi yang ideal untuk membaca. Misalnya, ketika jarak mata dengan buku kurang dari 30 sentimeter, membaca dalam posisi miring atau sambil tiduran.

Sumber : netmedia

Sumber : netmedia

Bahkan ketika membaca dalam kondisi kurang cahaya maka sensor yang terpasang di ujung kacamata akan langsung bereaksi. ide pembuatan kacamata abaca ini muncul dari keprihatinan Yulia terhadap kebiasaan teman-temannya yang tidak memperhatikan posisi ideal saat membaca.

“Kami prihatin, karena banyak dari teman – teman kami ketika membaca tidak memperhatikan kondisi dan posisi yang benar. Karena kondisi dan posisi yang tidak benar itu dampaknya buruk, bisa membuat mata terkena penyakit silinder, minus dan gangguan mata lainnya,” ujar Yulia.

Baca Juga : Mengenal Sosok Jack Ma Pendiri Alibaba.com

Abaca pun di daulat mewakili Yogyakarta dalam lomba penelitian siswa nasional bidang ilmu teknologi dan rekayasa, yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jika memang Abaca dinilai cukup efektif maka rencananya Abaca akan terus disempurnakan agar bisa diproduksi masal supaya bermanfaat bagi masyarakat luas.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account