Pesawat Airbus A320 Harus Dilengkapi Dengan APU Honeywell

Velodrome – APU Honeywell kini menjadi kelengkapan standar yang harus dimiliki oleh seuluruh unit pesawat airbus tipe A320. APU merupakan kependekan dari Auxiliary Power Unit, alat ini adalah mesin kecil yang berfungsi layaknya generator penyuplai daya di pesawat, saat mesin tidak bekerja.

Biasanya APU digunakan ketika pesawat masih di darat, ketika mesin belum dinyalakan. Lokasinya sendiri berada di bagian ekor pesawat dibawah sayap tegak (vertical stabilizer). Salah satu fungsinya adalah menyalakan pendingin udara atau memasok daya untuk menyalakan mesin pesawat.

Selain itu APU juga memberikan cadangan listrik untuk kebutuhan kabin, kokpit, serta sistem hidraulik ketika mengudara. Jenis APU Honeywell yang menjadi standar bagi setiap pesawan Airbus A320 sendiri adalah jenis 131-9A.

APU Honeywell

Image by aviation today

Alasan dipilihnya jenis ini adalah APU ini memiliki logic troubleshooting sendiri serta mampu memonitor kerusakan yang terjadi di dalam sistemnya, sehingga mempermudah pemeliharaan dan juga lebih memungkinkan untuk dilakukan perawatan secara lebih terperinci.

“Honeywell bersama dengan Airbus memberikan APU yang efisien, aman, dan nyaman untuk menunjang pengalaman penumpang saat terbang”, ujar Brian Sill, President Engines and Power Systems Honeywell Aerospace sebagaimana dilansir dari KompasTekno, Sabtu (25/3/2017).

Baca Juga : Taksi Terbang Rancangan Airbus, Solusi Hindari Macet Perkotaan

APU 131-9A yang ke-5000 untuk Airbus baru saja dikirimkan oleh Honeywell, yang artinya telah genap 11.000 unit APU Honeywell 131-9A yang telah menjadi bagian dari Airbus A320 dengan total jam terbang hingga 11 juta kali.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account