Alibaba Perkenalkan Tao Café, Supermarket Otomatis Tanpa Kasir

Tao Cafe

Velodrome – Tao Cafe adalah sebuah supermarket dengan konsep otomatis tanpa kasir besutan Alibaba Group. Sekali lagi perusahaan e-commerce terbesar di China ini menggebrak dunia dengan inovasi terbarunya. Cafe ini sebagai salah satu bagian dari Taobao Maker Festival yang kedua dalam ajang Hangzhou International Center, di Provinsi Zhejiang, China.

Meskipun begitu, sebelum Anda berbelanja di supermarket besutan Alibaba ini, Anda diharuskan terlebih dahulu terdaftar sebagai pengguna Alipay. Hal tersebut dikarenakan nantinya seluruh transaksi akan melalui payment gateway.

Selain itu juga, para pengunjung yang ingin masuk ke dalam supermarket otomatis ini haruslah terlebih dahulu memindai QR code yang terdapat di dalam aplikasi Taobao. Dan selanjutnya sistem akan mampu mengenali setiap barang yang dibeli oleh pengunjung dan secara otomatis akan memotong saldo yang terdapat di Alipay pengguna.

Tao Cafe

Image by Marketing Interactive

Di Tao Café ini banyak sekali sensor yang tersebar di sudut toko, hal ini tentu mengingatkan kita pada Amazon yang sudah lama berencana membuat sistem serupa di beberapa toko fisiknya. Bahkan sistem di Tao Café ini dibuat canggih untuk meminimalisir kecurangan.

Bagi mereka pelanggan yang mencoba untuk nakal dengan menguntit barang, sistem akan mengetahuinya dan memotong saldo Alipay secara instan. Sebelum membayar, pengunjung akan ditanya lagi oleh mesin kasir apakah yakin ingin membeli barang tersebut.

Baca Juga : Saingi Echo dari Amazon, Alibaba Buat Tmall Genie

Ketika si pembeli sudah menekan tombol iya, maka saldo akan otomatis terpotong. Dengan menerapkan kasir otomatis ini, hal itu diyakini bisa mengantisipasi terjadinya antrian yang panjang. Seperti yang kita ketahui selama ini terkadang banyak pengunjung yang pergi karena tidak sabar menunggu antrian di kasir yang begitu mengular.

Sementara ini Tao Cafe masih konsep saja dan berdiri di atas tanah dengan luas 200 meter. Meskipun begitu, Alibaba memang berencana akan merealisasikan supermarket otomatis tersebut di masa depan.

Sumber: marketing-interactive.com

1 Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account