Anda Termasuk Pemain Game Dari Generasi Mana?

Velodrome – Dari judul diatas kamu mungkin akan tersenyum saat mengenang main bareng teman kecil dari rebutan joystick hingga lupa waktu bermain game begadang aampai pagi, padahal begadang  itu tiada gunanya kata H.Roma juga, hehehe. Dari berbagai macam alat bermain game salah satu yang terkenal adalah video game console. Sejak awal kali hadir, video game console menghadirkan dimensi yang berbeda dalam setiap permainan game-nya. Dengan mesin-mesin ini kamu bisa bermain game di dalam rumah hanya dengan bantuan televisi. Produk mereka terus berevolusi sejak 1966 seiring perkembangan teknologi, terutama kualitas grafisnya yang semakin sempurna, bahkan controller yang tadinya menggunakan kabel kini telah berkembang menjadi nirkabel (tanpa kabel), dan konsol game masa kini juga menyertakan Broadband yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet. Jika kamu mengikuti, konsol game saat ini memasuki generasi kedelapan, mari kita simak perkembangannya.

Generasi Pertama

1. game gen 1

Di tahun 1966, ini merupakan sebuah langkah awal video game. Sedikit demi sedikit ide-ide kreatif mulai bermunculan, dan hebatnya sebagian besar dipelopori oleh para mahasiswa yang menghabiskan waktu luangnya dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dari kampus. Pertama kali yang diciptakan diberi nama Brown Box, lalu membesut dengan nama Magnavox Odyssey pada Mei 1972, sudah berisi 16 game built-in yang dapat diubah-ubah sesuka hati user dengan menggunakan sebuah switch. Konsole ini terjual hingga angka 200.000 unit, sehingga Magnavox Odyssey-lah yang tercatat sebagai konsol video game pertama di dunia yang berhasil dipasarkan dan di terima masyarakat gamers pada saat itu dengan baik.

Generasi Kedua

2. game gen 2

Generasi kedua ini biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era, diawali pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah ATARI, yang berisi: Fairchild Channel F, Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2, dan Atari 5200.

Generasi Ketiga

3. Game gen 3

Nah mungkin di generasi ini sebagian para gamers masih mengingatnya, Generasi ketiga start di tahun 1983 dengan dipasarkannya Japan Family Computer atau lebih kamu kenal dengan FAMICOM yang kemudian dikenal diseluruh dunia sebagai Nintendo Entertainment System. Walaupun pada generasi sebelumnya menggunakan prosesor 8-bit ,digenerasi inilah konsol rumah yang dibesut pertama kali berlabel  “bit.” Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini juga jika kamu ingat terjadi persaingan atau peperang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA. Masing-masing mengklaim bahwa gamenya paling mutakhir dengan berperang adu kualitas grafis.

Generasi Keempat

4. Game gen 4

Yes, inilah yang para gamers sebut masa ke-emasan game konsol. Dimasa itu setiap produsen mengklaim kecanggihan yang dimiliknya adalah nomor wahid. Berawal di mana konsol 16-bit muncul pertama kalinya dan membawa perubahan drastis pada grafik, tata suara, dan gameplay. Yang paling mencolok adalah Nintendo dan Sega, mereka merajai game-game konsol saat jaman keemasan tersebut. Di tahun 1990, Sega secara surprise melemparkan kepasaran Sega Megadrive/Genesis, konsol 16-bit yang memukau perhatian pecinta game, khususnya di Amerika, inilah yang membuat Nintendo ketar ketir karena saat itu Nintendo masih memakai 8 bit. Selanjutnya kamu mungkin masih ingat produsen Sega menggelontorkan game legendaris yang akhirnya menjadi maskot Sega Sonic the Hedgehog di tahun 1991 dan cukup menggiurkan bagi para gamer. Game-game yang tersebut memiliki grafik dan tata suara yang kualitasnya jauh di atas Super Mario Bros yang paling dijagokan pada saat itu.

Generasi Kelima

5. game gen 5

Ini merupakan generasi era 32-bit dan 64-bit yang dirilis pada acara Electronic Entertainment Expo (E3) untuk pertama kalinya di Los Angeles Convention Center sebagai ajang bisnis hiburan dan game terbesar di Amerika. Sony merilis Sony PlayStation (1995), diikuti dengan Nintendo 64 (1996). Kali ini, persaingan ketat dimenangkan oleh Sony karena Nintendo memutuskan untuk tidak meng-upgrade ke CD-ROM dan tetap menggunakan cartridge. saat itu pun developer lebih melirik CD-ROM, karena biaya produksi lebih murah dan kapasitas penyimpanan lebih besar. Tak kalah saing Sega pun merilis Sega Saturn, sebuah konsol game yang juga berbasis CD-ROM dan memiliki prosesor delapan. Sayang, konsol ini berumur tidak panjang dan harus tersingkirkan oleh dominasi Nintendo dan Sony.

Generasi Keenam

6. game gen 6

Dreamcast tahun 1999 merupakan konsol terakhir besutan Sega, keunikan dari konsol ini adalah pada integritas chip yang dapat berhubungan dengan internet, dan merupakan konsol game 128-bit pertama. Sayang sekali Sega harus gulung tikar dan memutuskan untuk hengkang dari dunia konsol game dua tahun berikutnya. Dan pada tahun 2001, Sony mulai gencar menginvasi dunia game konsol dengan menggeber produk lanjutan yaitu PS2, disusul Nintendo dengan GameCube-nya. Kali ini, keduanya menuai kesuksesan yang hampir berimbang, meskipun PS2 masih menduduki peringkat teratas. Era ini, Nintendo juga mengeluarkan dua konsol genggam, yaitu Gameboy Advance, dan Nintendo DS, handheld terbaru Nintendo yang berlayar ganda dan memiliki fitur online serta touch sensitive. Sony pun mengeluarkan versi ekonomis dari PS, yaitu PSone. Lalu, mereka memproduksi handheld pertamanya, PlayStation Portable (PSP) yang hingga saat ini terus membuntuti suksesnya Nintendo DS.

Generasi Ketujuh

7. game gen 7

Pada generasi ketujuh teknologi semakin canggih dan tentunya berdampak pada persaingan sengit industri game konsol dengan hadirnya Microsoft sebagai pemilik XBox 360 melengkapi persaingan antara Sony, Nintendo, PS3 dan Wii. Generasi inilah yang memprakarsai teknologi game memiliki grafis 3D mendekati real. Tidak ketinggalan fitur yang biasa hanya ada pada komputer, pada konsol generasi ini turut ditanamkan seperti koneksi wifi untuk mengakses internet agar setiap device saling terhubung dan bermain secara multiplayer dimana saja.

Generasi Kedelapan

8. game gen 8

Generasi dimana konsol game semakin hebat nan canggih dilengkapi berbagai dukungan sensor hingga teknologi yang tidak hanya mampu sebagai konsol game seperti generasi sebelumnya namun bereinkarnasi menjadi Multimedia-Machine. Seperti apa yang dilakukan Microsoft XBOX-One dengan Sensor Kinect , Nintendo Wii-U dengan sensor Wii Remote dan Playstation 4 dengan Sensor Playstation Move. Kira-kira seperti apalagi teknologi game pada generasi berikutnya? (AF)

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account