ANRI Pamerkan Arsip Kemerdekaan di Senayan City

ANRI Pamerkan Arsip Kemerdekaan di Senayan City

Velodrome – Memperingati 72 tahun kemerdekaan Indonesia, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan pameran arsip kemerdekaan dengan tema “KERJA BERSAMA MEMBANGUN NEGERI”. Pameran arsip berlangsung mulai 11 – 30 Agustus 2017.

Pameran ini menampilkan arsip-arsip yang menggambarkan capaian pembangunan sebagai upaya untuk terus mewujudkan cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat adil dan makmur. Arsip yang dipamerkan antara lain arsip mengenai saat-saat Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan dan pembangunan-pembangunan yang dilakukan pasca kemerdekaan antara lain Gelora Senayan yang sekarang bernama Gelora Bung Karno, Jembatan Semanggi, Hotel Indonesia, Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, dan keberhasilan lainnya pada masa Pemerintahan Presiden Soekarno hingga Joko Widodo.

“Gambaran peristiwa yang terekam dalam arsip tersebut dapat menjadi sarana pembelajaran dan contoh yang baik bagi kita dari para pendahulu, baik mengenai kekurangan maupun kelebihannya dalam mempertahankan kemerdekaan maupun membangun negeri yang kita cintai ini”, tutur Kepala ANRI, Mustari Irawan.

ANRI Pamerkan Arsip Kemerdekaan di Senayan City

Image : Divertone/Chacha

Selain itu, dengan adanya pameran ini diharapkan dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan, pendidikan, dan penelitian bagi dosen, guru, mahasiswa, pelajar maupun masyarakat umum.

Ada 24 arsip bersejarah yang di pamerkan dalam museum mini yang dibangun di atrium area Senayan City. Walaupun tak banyak arsip yang dipamerkan, nyatanya banyak pengunjung yang tertarik untuk melihat pameran tersebut. Salah satunya adalah Nuri, 27.

Menurutnya pameran ini mampu memancing rasa nasionalisme dan kebanggaan atas Kemerdekaan Indonesia.

“Awalnya penasaran ternyata pas sudah lihat itu apa aku terkejut sih. Ini kan arsip bersejarah bisa aku lihat langsung, keren,” lanjut Nuri.

Arsip-arsip nasional ini akan dipamerkan di beberapa tempat, termasuk Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

“Pameran Arsip “Kerja Bersama Membangun Negeri”, selain diselenggarakan di Senayan City, juga dilaksanakan di Sarinah dan Bandara Soekarno-Hatta”, terang Mustari.

0 Comments

Leave a reply

©2017 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account