Apa Itu Knolling?

Velodrome – Kalian pernah melihat jenis foto seperti ini? Dimana beberapa benda tersusun rapi dan di foto secara vertikal. Knolling adalah terminologi yang dipakai di dunia fotografi untuk jenis design foto seperti ini.

Knolling adalah proses untuk mengatur objek/benda yang berbeda sehingga membentuk 90 derajat antara satu dengan lainnya, dan di foto secara vertikal dari atas, sehingga membentuk sebuah gaya foto yang mempunyai gaya estetika tersendiri.

Knolling terlihat sangat simetris dan sangat memanjakan mata, kita bisa melihat banyak benda tersusun rapi dari satu gambar foto. Biasanya para pengguna knolling ini selalu menggunakan background yang solid seperti kayu atau permukaan yang berwarna solid lainnya, untuk mendapatkan hasil yang jelas dan kontras.

Bermula Andrew Kromelow dari seorang penjaga gedung di sebuah toko furniture milik Frank Owen Gehry di California. Pada saat itu Frank Gehry membuat design furniture yang bernama “Knoll” , dan perusahaan furniture ini cukup legendaris dalam menciptakan furniture dalam bentuk siku dan persegi.

knolling-7

www.wikipedia.com

Ketika masa kerjanya berakhir, Andrew pergi ke toko furniture dan menemukan beberapa benda yang tertinggal dan dia menyusunnya dengan rapi, dari kanan ke kiri, lalu mengambil foto.

Andrew menamakan bentuk foto ini dengan “Knolling” ,  karena mengingatkan dia dari angle dari bentuk furniture milik Frank Gehry. Sekarang banyak jenis foto seperti ini bisa kita temukan di beberapa social media, baik di tumblr atau instagram,path,dll.

Anda mau mencoba? Ini ada beberapa tips and tricks yang bisa saya bagi dengan anda untuk mencoba gaya ber-Knolling anda.

knolling10

vectorvice.com

1. Tentukan Tema Dengan Barang

Tema apa yang anda angkat untuk knolling anda hari ini?, anda bisa tentukan. Sebagai Contoh kalau temanya barang bawaan keseharian atau daily essentials Bisa berupa barang-barang essensial yang biasa anda bawa sehari-hari di dalam tas kerja anda, seperti : Handphone, charger,dompet,kunci, Laptop ,powerbank, pulpen, dll.

Untuk banyaknya barang bisa ditentukan sesuai barang yang anda perlukan.

knolling11

andreabastoni.com

2. Atur Dengan Rapi Semua Barang Anda

Atur sehingga membentuk 90 derajat semua objek yang akan difoto, sehingga terlihat rapi. Atur jarak setiap masing-masing objek/barang yang akan di foto, usahakan setiap benda mempunyai gap yang sama antara satu dengan yang lain. Buatlah sebuah bentuk dari objek anda sehingga berbentuk kotak persegi.

knolling-vimeo

vimeo.com

3. Solid Background

Cari background yang solid, seperti meja kayu, lantai, atau permukaan yang berwarna kontras dengan objek, sehingga barang-barang yang kita foto, bisa terlihat jelas.

pencahayaan-knolling

tompringle221220.com

4. Atur Jarak Dan Pencahayaan

Pencahayaan adalah faktor utama dalam fotografi, atur pencahayaan untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. Sehingga dapat menghasilkan hasil yang diinginkan. Cahaya bisa di dapatkan melalui pencahayaan alami dari matahari atau pencahayaan indoor di dalam tempat anda mengambil foto.

Karena Knolling ini difoto dari atas, maka atur jarak kamera anda dengan objek. Atur ketinggian sesuai keinginan, dan usahakan dengan teratur dan rapi.

Have a nice knoll !

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account