Aplikasi Pengirim Pesan Tanpa Internet dan Sinyal Kartu

Velodrome – Anda pasti pernah mengalami sebuah situasi dimana anda butuh untuk segera mengirimkan pesan melalui sms atau aplikasi chat lainnya, namun anda tidak bisa mengirimkannya akibat tidak adanya signal atau pun tidak diperbolehkan untuk menghidupkan koneksi internet.

Untuk mengatasi hal tersebut sebuah perusahaan Startup baru saja meluncurkan sebuah aplikasi yang bisa mengirimkan pesan tanpa menggunakan pulsa anda dan tanpa perlu menghidupkan koneksi internet anda, aplikasi tersebut bernama FireChat.

Pada dasarnya, FireChat menggunakan jaringan yang disebut mesh networking. Jaringan ini akan mengirimkan pesan anda kepada orang yang dituju dengan cara mengalirkan pesan berantai dari satu smartphone ke smartphone yang lainnya hingga tiba pada orang yang dituju.

Sumber : http://www.dolphindives.in/

Sumber : http://www.dolphindives.in/

Smartphone lain yang dipergunakan sebagai perantara pesan harus memiliki aplikasi FireChat juga. Jarak terjauh pengiriman pesan antar smartphone ini adalah 210 kaki dan menggunakan media Wifi atau Antena Bluetooth.

Jika tidak ada smartphone terdekat yang bisa digunakan sebagai perantara, maka pesan akan disimpan pada device yang dititipkan dan akan dikirimkan ketika ada device lain didekatnya yang bisa dipergunakan sebagai media perantara.

Namun anda tidak perlu khawatir akan keamanan pesan yang anda kirim, karena pesan tersebut hanya bisa dibuka oleh orang yang dituju. Saat pesan harus dikirimkan menyebrangi lautan, maka pesan ini akan melompat dari satu smartphone yang smartphone lainnya hingga menemukan jaringan wifi terdekat.

Baca Juga : Cara Melacak Item Yang Hilang Dengan Smartphone

Kemudian pesan akan dikirimkan melalui jaringan wifi tersebut hingga tiba di penerima pesan. Memang kecepatan pengiriman pesan agak lambat, bisa memakan waktu 10 – 20 menit. Namun aplikasi ini tetaplah berguna bagi anda jika terjebak dalam situasi tanpa koneksi.

Skift sebagai pengembang berharap ada lebih banyak orang yang memiliki aplikasi ini untuk memudahkan sistem pengiriman pesan ini. Saat ini hanya ada sekitar 5 juta orang yang telah mengunduh aplikasi ini dan hanya ada sekitar 5% saja pengguna aplikasi ini disebuah kota.

Sumber : i.ytimg.com

Sumber : i.ytimg.com

Awalnya aplikasi ini dibuat untuk memudahkan komunikasi pada sebuah event yang sangat crowded, kemudian aplikasi ini mulai populer di Irak setelah negara tersebut memiliki pembatasan dalam menggunakan internet.

Yang membuat FireChat menjadi aplikasi yang luar biasa adalah saat aplikasi chat lain membutuhkan koneksi internet untuk mengirimkan pesan, maka FireChat tidak membutuhkannya dan dapat mengirimkan pesan kapan pun dan dimana pun.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account