Aretha Franklin Sang ‘Queen of Soul’ Tutup Usia

Whitewood – Kabar duka kembali menyelimuti dunai musik internasional terutama untuk para pecinta musik Soul dan R&B. Diva dan ratu musik Soul, Aretha Louise Franklin atau lebih dikenal dengan Aretha Franklin, meninggal dunia pada hari  Kamis (16/8/2018)  jam 9.50 pagi di rumahnya di Detroit, Amerikat Serikat dikelilingi oleh keluarga dan teman-teman, menurut sebuah pernyataan atas nama keluarga Franklin dari juru bicara lamanya, Gwendolyn Quinn.

Dilansir dari CNN, penyebab resmi kematian sang diva adalah karena kanker pankreas stadium lanjut dari tipe neuroendokrin, yang dikonfirmasi oleh ahli onkologi Franklin, Dr. Philip Phillips dari Karmanos Cancer Institute di Detroit.

Sebelumnya pada bulan Februari 2017 lalu, Aretha mengumumkan bahwa dia akan berhenti melakukan tur, tetapi dia akan terus mengadakan konser. Awal tahun ini, ia membatalkan sebuah pertunjukan, termasuk di New Orleans Jazz Fest, atas perintah dokter seperti yang dilansir oleh Rolling Stone.

Aretha Franklin lahir di  Memphis, Tennessee, Amerika Serikat pada 25 Maret 1942.Di usia 18 tahun, ia memulai karir musiknya dengan bekeja sama dengan Columbia Records. Setelah menandatangani kontrak dengan Atlantic Records pada tahun 1967, Aretha  meraih pengakuan komersial dan sukses dengan lagu-lagu seperti  “Respect”, Think”, “(You Make Me Feel Like) A Natural Woman”, “Don’t Play That Song (You Lied)”, dan “Spanish Harlem”.

Pada akhir tahun 1960-an dia mendapat julukan “The Queen of Soul”. Aretha lalu merekam album terkenal seperti ‘I Never Loved a Man the Way I Love You’ (1967), ‘Lady Soul'(1968), ‘Young, Gifted and Black’ (1972) dan ‘Amazing Grace’ (1972), sebelum mengalami masalah dengan perusahaan rekamannya pada pertengahan 1970-an.

Setelah ayahnya ditembak pada 1979, ia meninggalkan Atlantic dan menandatangani kontrak dengan Arista Records, menemukan kesuksesan dengan album ‘Jump to It’ (1982) dan ‘Who’s Zoomin ‘Who?’ (1985), Tahun 1998, ia menerima pengakuan internasional saat menyanyikan opera aria “Nessun dorma” di Grammy Awards tahun itu, menggantikan Luciano Pavarotti.

Aretha juga memenangkan 18 Grammy Awards, termasuk delapan penghargaan pertama yang diberikan untuk R & B Vokal Performance Wanita Terbaik, dari tahun 1968 hingga 1975, dan merupakan salah satu artis musik terlaris sepanjang masa, setelah menjual lebih dari 75 juta album di seluruh dunia.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account