Arti Tema The Art of the In-Between dalam Met Gala 2017

Arti Tema The Art of the In-Between dalam Met Gala 2017

Velodrome – Met Gala menjadi ajang besar tahunan di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat untuk merayakan avant garde fashion dan fashion fundraising. Pada tahun 2017, Met Gala di bawah Costume Institute mengambil tema  “Rei kawakubo/Comme des Garçons : The Art of the In-Between”.

Pameran desain kostum yang digelar pada hari Senin pertama pada bulan Mei itu mendedikasikan karya Rei Kawakubo yang punya desain estetis baik dari sisi seni dan fashion pada 4 dekade terakhir.

Rei Kawakubo adalah desainer asal Jepang kelahiran 11 Oktober 1942 yang memnbentuk brandnya yang bertajuk Comme des Garçons. Meskipun berasal dari Jepang, Brand Comme des Garçons berbasis di Paris. Desain Kawakubo terkenal karena ia menciptakan sebuah perspektif pertentangan atau kontradiktif.

Comme des Garçons sendiri berarti “Like Boys” (Bahasa Perancis).  Padahal, karyanya di Met Gala diambil 100 persen dari womenswear. Kawakubo memang mempertentangkan segalanya.

Kurator Met Gala 2017 dari Costume Institute Andrew Bolton mengatakan bahwa desain kawakubo mmebuat redudansi perdebatan tentang “art vs. fashion”. Tema dari pameran yakni “The Art of the In-Between” mereferensikan desain Comme des Garçons yang tidak mau deskripsikan atau dikotak-kotakkan sebagai seni atau mode.

Bolton mendeskripsikan tema tersebut tanpa definisi seperti “It’s not quirte art, not quite a fashion. It is avant garde, yet commercial,” kata Bolton dikutip melalui Vogue.

Melihat sepak terjang Rei Kawakubo, desainer berusia 74 tahun itu bukan lulusan dari sekolah fashio. Ia  bejaajr seni dan sastra di Keio University. Pekerjaan pertamanya di pakbik tekstil adalah momen pekenalannya dengan industri fashion. Kala itu, ia menjadi freelance fashion stylist. Baru pada 1968, ia membangun fashion label Comme des Garçons.

Eksposur Comme des Garçons tumbuh secara eksponensial dan membuat Kawakubo melebarkan sayap di Paris melalui debutnya pada tahun 1981. Kawakubo terkenal melalui desainnya yang oversized, strangely designed garment yang kadang tanpa kategori dan deskripsi.

Met Gala 2017 menampilkan 150 koleksi Comme des Garçons sejak 1981 hingga koleksi paling baru. Penataan desain pameran disusun berdasarkan kontras antara East/West, male/female, dan past/present. Koleksinya yang bertajuk ”The Future of Silhouette juag disertakans ebagai gambaran sebuah desain yang merekonstruksi lekuk tubuh.

Selama ini, siluet yang kita kenal  seperti A, I, X, dan Y sudah menjadi panduan dalam desain mode yang umum. Namun, Kawakubo menerobos template yang sudah ada.

Dalam pameran The Art of The In-Between, koleksi dibagi dalam 9 tema Fashion/anti-fashion, Design/Not Design, Model/Multiple, Then/Now, High/Low, Self/Other, Object/Subject, dan Clothes/Not Clothes. Dengan kontradiksi istilah tersebut, tema IThe Art of The In Between semakin nampak sebagai intrepretasi yang terbuka. Kawakubo tidak mau ditempatkan dalam sebuah kotak yang membatasi dirinya dalam berkreativitas.

Karya kawakubo identik dengan literasi dalam eksplorasi yang intens antara kriya dan spirit manusia, Pada saat yang sama, karyanya kadang dioandang sebagai suatu hal yang misterius seperti saat kita berusaha memahami lukisan abstrak.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa The Art of the In-Between adalah adalahs sebuah ide yang bisa berupa kombinasi kategorisasi, kontras dan pertentangan dari sebuah tradisi fashion dan seni.

Pameran met Gala 2017 bakal dibuka untuk umum setelah Met Bal yang dimeriahkan oleh selebriti Hollywood yang juga memamerkan pakaian bertemakan avant garde ada 4 Mei 2017.

Anda bisa menggali lebih dalam seputar The Art of The In-Betwen di beberapa media online internasional. Siapa tahu kan Anda salah satu desainer yang punya konsep yang sama dengan Kawakubo.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account