Atasi Lambatnya Koneksi Wifi Dengan Beberapa Cara Ini

koneksi wifi

Velodrome – Lambatnya koneksi Wifi seringkali menjadi masalah pelik yang mengganggu kecepatan pekerjaan anda, terlebih lagi di zaman ini segala hal sudah selayaknya langsung terkoneksi dengan jaringan internet.

Namun sebenarnya anda tak perlu panik bila koneksi WiFi di rumah mendadak lambat atau bahkan terhambat. Langkah pertama cobalah untuk mengecek router yang anda pergunakan. Karena posisi sampai pengaturan router akan berpengaruh pada kekuatan sinyal WiFi.

Cobalah beberapa langkah berikut ini untuk kembali mengoptimalkan koneksi internet anda, sebagaimana dilansir dari Kompas Tekno, Minggu (12/2/2017).

Periksa Posisi Router

Banyak dari user yang menyepelekan perihal ini, padahal efek yang ditimbulkannya bisa menjadi hal yang besar karena fungsi router yang berkerja untuk mengirimkan sinyal ke seluruh arah. Untuk itu anda bisa mencobanya untuk meletakkan router ini pada area tengah rumah anda.

Cobalah untuk tidak meletakkan router di samping jendela, karena sinyal yang dihasilkan justru akan dikirimkan ke luar. Maka hal ini akan membuat WiFi tersebut sia-sia dan tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.

Jangan Pernah Meletakkannya di Lantai

koneksi wifi

Image by idntimes.com

Posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan dan memaksimalkan fungsi si router itu, karena alat ini dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Untuk itu jika anda meletakkannya di lantai, maka sinyal wifi yang dihasilkan pun tak akan maksimal.

Temukan Lokasi Terbaik Untuk Meletakkan Router

Lokasi yang menjadi tempat bermukimnya router akan menjadi tempat dengan sinyal WiFi terkuat. Untuk itu anda sebaiknya meletakkan router di dalam ruangan dimana anda sering menempatinya saat ingin menggunakan internet.

Pertimbangkan Ruang Terbuka

Salah satu alasan mengapa sinyal wifi tak tersampaikan dengan baik adalah banyaknya bahan disekelilingnya yang mampu menyerap sinyal, misalnya saja mebel berukuran besar atau pun dinding yang tebal.

Usahakan anda meletakkan router di lokasi dimana tidak banyak benda-benda yang menyerap sinyal dan sedikit barang terdapat didalamnya agar sinyal yang dipancarkan bisa maksimal. Cobalah untuk memilih posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut dapat terlihat dari manapun.

Baca Juga : Buat Memori iPhone Anda Lebih Lama Dengan 5 Tips Ini

Jauhkan Perangkat Elektronik Lainnya

Sinyal elektromagnetik yang dihasilkan oleh benda-benda seperti microwave, handphone dan TV dapat mengganggu bahkan sampai melemahkan kekuatan sinyal Wifi yang dihasilkan, untuk itu cobalah untuk menjauhkannya.

Posisikan Antena Dalam Keadaan Berdiri

Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.

Periksa Kekuatan Sinyal

koneksi wifi

Image by ggpht.com

Untuk melakukan hal ini, anda bisa mendownload beberapa aplikasi seperti Cloudcheck atau Amped. Ketika anda melakukan pemeriksaan kekuatan sinyal, lakukan juga pemetaan pada rumah anda dibagian mana lakasi yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah.

Aturlah Software Pada Router

Salah satu cara untuk mempercepat koneksi WiFi adalah dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak ini bisa dibuka melalui IP khusus. Anda bisa mengeceknya pada bagian bawah router atau pada panduan yang disertakan dalam boksnya.

Saat anda telah memasuki menu pengaturan, cobalah untuk mengubah channel frekuensi pada router tersebut. Umumnya terdapat 14 channel yang bisa anda dipilih, dan biasanya channel terbaik ada pada 1, 6, dan 11.

Karena channel tersebut cenderung minim gangguan, disebabkan jarangnya bersinggungan dengan channel yang digunakan orang lain. Selain itu cobalah juga untuk memeriksa update terbaru dari firmware karena update firmware berfungsi untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

Periksalah Kecepatannya

koneksi wifi

Image by alltechprime.com

Saat ini sudah banyak situs yang menyediakan pengecekan kecepatan internet yang anda gunakan, anda cukup mengaksesnya menggunakan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal serupa menggunakan koneksi kabel. Jika keduanya sama-sama buruk, berarti masalah ada pada penyedia layanan internet Anda.

Ganti Router Dengan Yang Baru

Bila memang semua cara sudah anda gunakan namun masih juga belum ada penyelesaiannya, maka kemungkinan besar permasalahan terdapat pada router anda, jadi beli lah router yang baru.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan performa sinyal wifi yang anda gunakan. Semoga tips-tips ini bermanfaat, selamat mencoba !

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account