Aturan Baru YouTube Kian Mencekik Para YouTuber

Aturan Baru YouTube Kian Mencekik Para YouTuber

Velodrome – Bagi sebagian orang, YouTube merupakan tempat untuk mengais rezeki atau uang. Namun, kabar terbaru membuat para YouTuber gigit jari. Pasalnya, situs berbagi video ini semakin memperketat aturan mengenai pemasangan iklan.

Dalam aturan baru tersebut berisi, sebuah akun akan diperbolehkan untuk mengikuti program pemasangan iklan jika setidaknya sudah mendapatkan viewer sebanyak 10.000 dalam channel YouTuber atau channel sang pembuat video.

Dan jika akun tersebut tidak bisa mencapai angka yang ditargetkan, maka Anda tidak diperkenankan turut serta dalam program pemasangan iklan. Bahkan jika diketahui ada kecurangan, maksudnya view belum ada 10.000 namun sudah ada iklannya, maka video akan diturunkan.

Padahal seperti yang kita ketahui selama ini, iklan merupakan salah satu pendapatan terbesar yang dimiliki oleh para YouTuber.

YouTube

Para YouTubers Indonesia
Image by YouTube

Seperti yang dilansir dari Kompas, tidak hanya mencapai viewer 10.000 saja, pihak YouTube juga akan melakukan proses peninjauan bagi para kreator yang mendaftar ke YouTube Partner Program. Setelah itu nantinya akan dievaluasi apa isi konten kegiatan sesuai dengan kebijakan yang dimilik oleh YouTube.

Ari Bardin, Vice President of Product Management YouTube menyebutkan jika nanti setelah dilakukan evaluasi semuanya tidak ada masalah atau terlihat bagus, maka barulah saluran tersebut dimasukkan ke YouTube Partner Program dan bisa mulai ditanami iklan di dalam videonya.

Hal ini tentu saja dengan kebijakan YouTube sebelumnya. Kurang lebih sekitar lima tahun yang lalu, pihak YouTube memberikan kebebasan kepada siapapun untuk menjadi partner. Para pembuat video bahkan juga bisa memanfaatkan fitur monetisasi yang terdapat di YouTube.

Baca Juga : Silakan Pakai Ruang Produksi Video Milik YouTube, Gratis !!

Program monetisasi itu memungkinkan pemasangan iklan pada tiap video. Sebagai imbalannya, partner bisa mendapatkan penghasilan dari iklan tersebut. Kebijakan tersebut lah salah satu alasan mengapa YouTube bisa menjadi platform video web terbesar di dunia.

Namun belakangan diketahui jika metode yang diterapkan sekitar 5 tahun lalu ini memiliki banyak masalah. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab mengunggah konten curian. Peraturan baru yang diterapkan oleh YouTube inilah yang diharapkan akan meminimalisir adanya pencurian konten video.

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account