Augmented Reality Diprediksi Akan Gantikan Smartphone Dalam 5 Tahun

Augmented Reality

Velodrome – Teknologi Augmented Reality (AR) di gadang-gadang akan mampu menggantikan fungsi smartphone dalam 5 tahun kedepan, sebagaimana yang dilansir dari futurism.com Kamis (20/04/2017). Pernyataan tersebut dikeluarkan pada acara konferensi antar developer Facebook seminggu sebelumnya. Pihak peneliti Oculus menyatakan bahwa teknologi AR lebih dalam cukup untuk bisa menggantikan fungsi smartphone.

Hal ini seakan diamini oleh pihak Facebook terkait dengan terus berjalannya penelitian facebook terhadap teknologi tersebut. Dalam konferensi tersebut, pihak facebook juga memberikan gambaran bagaimana teknologi AR akan mengubah dunia.

Selain itu teknologi AR memang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan VR. Jika VR membawa manusia kedunia maya, sebaliknya AR jutru membawa yang tidak nyata kedalam dunia nyata.

Berdasarkan pernyataan Michael Abrash, yang menjabat sebagai chief scientist di Facebook untuk divisi penelitian Oculus, ia menyatakan bahwa teknologi kaca mata AR akan benar-benar menggantikan smartphone dalam akses digital setiap waktunya.

Augmented Reality

Michael Abrash, CEO of Facebook’s Oculus
Image by roadtovr.com

Mengapa hal tersebut mungkin terjadi?

Hal ini tak lepas dari contoh nyata yang dibeberkan oleh Abrash, bahwa teknologi AR yang disematkan pada kaca mata akan memberikan banyak informasi jauh lebih cepat dibandingkan dengan smartphone saat ini.

Misalnya saja ketika anda bertemu dengan orang asing dimana anda tak dapat mengerti bahasanya, maka kaca mata berteknologi AR ini akan memberikan terjemahannya secara instan dan membantu anda untuk berkomunikasi lebih cepat.

Augmented Reality

Ilustrasi Penggunaan Kaca Mata berteknologi AR
Image by roadtovr.com

Terkait pengembangan teknologi AR, sebenarnya bukan hanya Facebook saja yang fokus melakukannya. Apple juga saat ini tengah fokus dalam melakukan pengembangan terhadap teknologi AR sebagaimana disampaikan oleh Tim Cook, CEO dari Apple.

“ Saya lebih memilih untuk di ejek ketika memilih untuk mengembangkan teknologi AR disaat banyak orang berlomba-lomba mengembangkan VR, namun anda akan tercengang melihat hasilnya dalam lima tahun kedepan, ketika AR mengusai teknologi masa depan”.

Baca Juga : Facebook Rencanakan Untuk Terkoneksi Langsung ke Otak Manusia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account