Bagaimana Philadelphia Bisa Jadi Kota Mural di Dunia

Velodrome – Mural sebagai street art bisa dilihat di kota besar dunia. Namun, tidak ada kota semural Philadelphia, Amerika Serikat, hingga mendapat julukan Kota Mural. Di kota tersebut, Mural tumbuh tak hanya sekedar sebagai hiasan namun juga menjadi perubahan kultur masyarakatnya.

Bagaimana Philadelphia bisa mengembangkan masyarakat melalui mural?

Jika menilik sejarah kota tersebut, mural menjadi sebuah pergerakan untuk mengalihkan perilaku vandalisme di kalangan masyarakat. Mural merupakan masa pasca grafiti yang merusak pemandangan di jalan-jalan.

Demi merubah perilaku vandalisme tersebut, kalangan akademisi, seniman, dan pemerintah berkolaborasi untuk membuat sebuah kebijakan yang dicetuskan melalui Murals Art Programm. Pendidikan seni adalah salah satu kunci dari semua itu. Sebuah kegiatan corat-coret dinding yang kadang berbau ungkapan kasar diarahkan ke dalam sebuah pakem seni untuk memanfaatkan cat pilok lebih dari sekedar grafiti.

Mural di Philadephia bukan hanya sebuah kegiatan mengecat dinding di ruang publik menjadi lebih enak dipandang mata, tetapi menjadi simbol mengenal karakter kota, menciptakan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan.

Image : TIME

Seniman asal Los Angeles Jane Goldon datang ke Philadephia dan membentuk Murals Art Program dengan merekrut seniman grafiti untuk membuat mural yang saat itu ada di 50 lokasi. Pada 1980an, Ia bekerja di bawah walikota Wilson Goode untuk program Anti-Graffiti Network.

Melalui program tersebut, graffiti perlahan hilang dengan memperdayakan masyarakat untuk menciptakan karya seni mural ikonik. Saat ini, terdapat ribuan mural terdapat di Philly, sebutan lain bagi Philadelphia.

Untuk melanggengkan program tersebut, Murals Art Program juga memfasilitasi dukungan finansial baik dari pihak swasta maupun pemerintah. Hal tersebut menjadi kombinasi untuk menjadikan mural sebagai program berkelanjutan. Murals Art Program menjadi motivasi bagi  para pemuda lokal untuk mendalami seni yang satu ini.

Pada awalnya, gerakan anti Graffiti yang digawangi oleh Jane Goldon ini mendapatkan pendaanan dari  National Endowment for the Arts. Pendanaan pun semakin banyak diperoleh dari beberapa lembaga seperti City of Philadelphia, PA Council on the Arts, Ellis Gimbel Charitable Trust, Mid Atlantic Art Foundation, Ernst & Young, dan Philadelphia Foundation.

Kesuksesan program tersebut membuahkan hasil yang signifikan bagi nilai property seperti gedung dan perumahan. Sudah wajar bahwa Anda akan melihat mural di tempat bersejarah, perumahan, taman, dan tempat lainnya. Program Mural di Philadelphia yang progresif bahkan bisa menggenjot sektor pariwisata, pendidikan, dan kesehatan masyarakat.

Keberhasilan tersebut menginsiprasi kota-kota lain di dunia untuk menerapkan model Anti Graffiti yang sama untuk mengurangi prilaku vandalisme.

Salah satu karya Mural di Inggris – Image : Bored Panda

Keunikan mural di Philadelphia adalah karakter desainnya yang bergaya ilustrasi 3 dimensi untuk menangkap tokoh terkenal dan masyarakat biasa yang menggambarkan kultur Philadelphia. Lihat saja pojok Kota Philadelphia dari timur ke barat, Anda akan menemukan sebuah kisah yang mencirikan karakter budaya di Philly.

Bagi Philladelphia, seluruh kota bisa menjadi objek wisata yang tiada habisnya, menarik untuk diabadikan dalam frame kamera.

Di Indonesia, mural memang sudah banyak ditemukan. Anda dapat melihat di kolong jembatan, dinding-dinding di ruang publik, hotel dan beberapa stadion olahraga.

Masih ingatkan beberapa tahun yang lalu saat provider telekomunikasi bekerjasama dengan beberapa perumahan padat penduduk untuk membuat mural di rumah mereka sebagai salah satu promosi bisnis mereka?

Itu salah satu potret mural di Indonesia. Namun, sejauh manakah program mural Indonesia dianggap serius sepeti halnya di Philadelphia? Institusi seni dan pemerintah perlu bekerjasama untuk membuat gerakan mural menjadi hal yang punya nilai lebih dibandingkan keindahan semata.

Editor : MP Jathia

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account