Bagi Drake, More LIfe Adalah Playlist, Bukan Album

Bagi Drake, More LIfe Adalah Playlist, Bukan Album

Velodrome – Sudah mendengarkan lagu-lagu Drake yang baru? Penyanyi rap tersebut baru saja meluncurkan More Life yang dia kategorikan sebagai playlist. More Life sengaja di jual melalui situs  streaming musik online dengan 22 lagu di dalamnya.

But How could you don’t call it album if there is more than 5 song in it? It’s not mixtape or even an extended play (EP).

Penyanyi rap asal Toronto, Kanada itu memang banyak mengeluarkan karya musiknya berturut-turut sejak 2015 sampai 2016. Kita bisa melihat mixtape “If You’re Reading This It’s Too Late” dan “What a Time to Be Alive” juga studio album “Wiews yang dirilis pada tahun lalu.

Drake menyimpulkan karya terbarunya ini sebagai sebuah playlist yang punya cerita tentang personal. Daftar lagu atau playlist pun mempunyai istilah yang baru saat ini karena Drake menggunakannya untuk menunjuk album barunya.

Dibalik penyebutan album atau playlist, “More Life” memang patut dijadikan sebuah playlist karena sifatnya yang sequence dan bertalian. Sang rapper berusaha menyampaikan keseluruhan cerita dalam lagu-lagu yang berbuhungan satu sama lain. Playlist ini pun masuk dalam Billboard 200 sebagai salah satu daftar dan album konsekutif yang sukses dalam streaming dan unduhan secara online.

Single “Fake Love” yang sudah dirilis pada Oktober tahun lalu membuat penasaran para penikmat musik tentang proyek musik rapper berusia 30 tahun ini. Pada Maret 2017 lalu, “lagu “Passionfruit” menjadi single dan kemudian disusul dengan “Free Smoke” pada akan dirilis pada pertengahan April mendatang.

Lagu-lagu dalam “More LIfe” berada pada urutan ke-8 yang di susul dengan 21 lagu lainnya di beberapa urutan. “Drake Killed the Chart” seperti saat ia meluncurkan album “Nothing Was The Same” dan “Views” yang beberapa track lagunya merajai Billboard.

Situs-situs musik mengulas Playlist “More Life”dalam kualitas 7.8/10 (Pitchfork) dan diberi 4 dari lima bintang (Rolling Stone). Rata-rata, lagu-lagu dalam playlist tersebut bergenre Hip hop, R&B, dan dancehall. Sentuhan Dancehall banyak mempengaruhi lagu-lagu Drake kali ini sejak ia sukses meluncurkan “Hotline Bling”.

Cerita Dibalik ”More Life”

Bagi Drake, More LIfe Adalah Playlist, Bukan Album

Image : Hypebeast

Musisi pemegang piala Grammy itu menjelaskan More Life bisa menjadi soundtrack untuk hidup pendengarnya. Playlist ekspilist ini menceritakan pandangan sang artis tentang hidupnya yang penuh akan depresi dengan kehidupan di industri musik, kehidupan pribadi, dan masalah percintaannya.

“More Life” menjadi cara Drake untuk introspeksi dirinya lewat judul-judul lagu yang menggambarkan kegalauan, kesedihan, kemarahan, dan penyesalan. Namun, pengaruh instrumen dan nada-nada dari Jamaica bisa mengajak Anda untuk ikut berkontemplasi dengan alunan musik rap yang santai.

Playlist ini juga memunculkan ulasan negatif dari para kritikus musik yang tidak percaya tentang apa yang berusaha Drake ceritakan dalam More Life. Hal ini memunculkan kontroversi serupa pada album “Views”. Album “Views” juga mengungkapkan rasa frustasi dalam setiap track-nya.

Playlist yang dibuka dengan lagu berjudul “Free Smoke” yang menggambarkan kehidupan yang gelap dan miskin. “Don’t Disturb” menjadi penutup playlist yang menjelaskan kemarahan Drake saat menulis lagu-lagu untuk Album “Views”.

Di samping itu, More Life mempunyai progress yang signifikan dalam karya Drake dengan realisasi  lebih banyak suara, gaya musik, dan ide yang menyatu dalam sound yang bisa kita dengarkan melalu playlist ini. Jika dibandingkan dengan akrya Drake sebelumnya, MOre Life lebih punya energi dan ide sejak ia merilis album “Nothing Was The Same” pada 2013.

Jadi bagi kamu penggemar Drake atau penikmat musik Rap Hiphop, album ini akan menyegarkan telinga Anda. Di saat yang sama, More Life akan mengajak telinga Anda beradaptasi dengan musik ala Drake yang kadang tidak ramah di telinga Anda. Not easy listening but You have to try it!.

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account