Baterai Super, Cukup Charge Sebentar Bertahan Hingga Seminggu

charge

Velodrome – Para peneliti di University Of Central Florida (UCF) telah berhasil membuat sebuah baterai tipe baru yang mampu bertahan hingga seminggu walau pun hanya di charge beberapa detik saja.

“Baterai tipe baru ini memiliki superkapasitor yang mampu menyimpan energi dalam jumlah besar hanya dalam beberapa detik dan mampu menyimpan tenaga tersebut selama satu minggu hingga tenaganya habis”, ujar Nitin Choudhary.

Superkapasitor ini dapat mengisi dengan cepat karena mampu menyimpan energi statis pada permukaan materialnya. Baterai ini memang dibuat untuk dapat segera menyerap energi dalam jumlah besar hanya dalam waktu yang singkat.

charge

Superkapasitor
Image by alibaba

Jika dibandingkan dengan baterai yang saat ini dipakai pada telepon genggam yaitu tipe Lithium-ion yang akan mengalami penurunan kemampuan penyimpanan energi setelah dilakukan pengisian ulang hingga 1.500 kali maka baterai superkapasitor ini memiliki batas maksimal pengisian ulang hingga 30.000 kali.

Sebenarnya penurunan kemampuan baterai dalam menyimpan energi biasanya akan menurun menjadi 70% dari kondisi asli setelah dilakukan pengisian ulang hingga 500 kali. Dan baterai terbaik yang saat ini beredar dipasaran hanya memiliki batas maksimal pengisian ulang hingga 7.000 kali.

Baterai superkapasitor ini sebelumnya belum pernah dipergunakan untuk membuat baterai pada ponsel pintar karena ukurannya yang terlalu besar. Namun, para peneliti UCF membuat sebuah prototipe menggunakan kabel ukuran kecil yang merupakan nanometer tebal yang dilapisi dengan rumah pelapis untuk energi dalam jumlah besar.

Baca Juga : MIT Prediksi Wabah Yang Akan Muncul Menggunakan Robot

Inti dari kabel nanometer ini merupakan penghantar yang sangat baik bagi listrik hingga memungkinkan terjadinya pengisian energi listrik kedalam baterai dalam waktu singkat.

SolidEnergy Systems, sebuah perusahaan yang didirikan oleh para lulusan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), pada tahun ini telah berhasil membuat baterai yang memiliki kapasitas penyimpanan dua kali lipat dari kapasitas energi baterai ponsel konvensional.

Bahkan pihak perusahaan telah berencana untuk segera memproduksinya dalam jumlah banyak dan akan segera dirilis tahun depan. Sementara pihak UCF masih berkutat untuk dapat membuat baterai super mereka menjadi lebih sempurna.

charge

University Of Central Florida
Image by UCF

Seru juga ya jika memang baterai tersebut benar-benar akan segera dirilis tahun depan. Pastinya kita tidak lagi akan melihat banyaknya orang yang sebentar-sebentar melakukan pengisian ulang pada ponsel mereka.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account