Battle of Smartphone, iPhone 8 vs Samsung S8, Pilih Mana?

Battle of Smartphone, iPhone 8 vs Samsung S8, Pilih Mana?

Velodrome – Dengan resminya iPhone 8 diluncurkan, pertarungan smartphone terbesar tahun ini segera dimulai. Setelah gagal dengan seri Galaxy S7, Samsung kembali menggebrak dengan Galaxy S8 dan Note 8 keduanya menampilkan desain yang menakjubkan dan fitur high-end. Tapi bisakah iPhone 8 bersaing? Mari kita lihat dan lihat.

Dengan berbagai feature dan keunggulan yang dimiliki rasanya jadi bingung ya mau nentuin mana sih yang lebih oke iPhone atau Samsung. Berikut ini chart spesifikasi lengkap dari kedua smartphone yang berharga hampir sama :

Samsung Galaxy S7 adalah ponsel yang bagus, namun Galaxy S8 adalah setingkat lebih baik. Ponsel ini memiliki layar AMOLED melengkung yang meleleh ke dalam logam dan kaca yang membantunya menjadi nyaman untuk digenggam.

Ukurannya besar, ya – itu selalu akan menjadi besar, dari segi layar saja ukurannya 5,7 inci – tapi tidak terlalu besar. Namun nyatanya, Samsung S8 merupakan ponsel besar terkecil yang ada berkat desainnya yang lebih sempit dan lebih tinggi.

Speaker, port USB-C, dan headphone jack yang terdapat di dasar S8, sementara pemindai sidik jari yang sangat bagus berada di sebelah modul kamera di bagian belakang. Walaupun posisinya kurang nyaman bila dibandingkan dengan posisi pemindai sidik jari versi iPhone. Sayangnya iPhone tidak memiliki perubahan yang signifikan dari segi desain. iPhone 8 lebih cocok disebut sebagai iPhone 7S karena desainnya yang tak jauh berbeda.

Selain itu jack headphone yang masih “hilang” di iPhone 8 seakan menunjukkan kalau Apple tidak memiliki keberanian untuk mengembalikannya. Sementara Samsung S8 yang tahan air tetap menyematkan jack headphone.

Sekilas, kita tidak akan tahu lebih banyak sampai kita memegang kedua ponsel tersebut ditangan. Apakah Samsung S8 atau iPhone 8 yang lebih unggul. Namun kehadiran iPhone 8 dan X yang mengganti logam dengan kaca sebagai bahan utama untuk body mereka, rasanya Apple unggul dalam hal tersebut.

Baik iPhone 8 maupun Samsung Galaxy S8 memiliki elemen kaca belakang. Hal ini memungkinkan keduanya agar dapat melakukan pengisian nirkabel saat dipasangkan dengan aksesori dengan Qi yang tepat. Samsung telah melakukan charging nirkabel selama bertahun-tahun sekarang, namun iPhone 8 dan iPhone X adalah perangkat Apple pertama yang mendukungnya.

Kedua ponsel ini menawarkan kekuatan di dapur pacu mereka dan pastinya akan menjadi dua ponsel paling cepat tahun 2017. Samsung telah melengkapi Galaxy S8 dengan prosesor Snapdragon 835 (Exynos 8895 di Eropa) bersama dengan RAM 4GB. Apple iPhone 8 menggunakan chip A11 yang kemungkinan dibangun dengan menggunakan proses manufaktur 10nm yang sama seperti 835 dan Exynos 8895. Pada dasarnya, proses manufaktur yang lebih kecil berarti chipset yang lebih efisien.

Dari sisi tampilan, Apple dan Samsung mengambil gaya yang cukup berlawanan. Galaxy S8 memiliki Display Infinity AMOLED 5.7 inci yang menakjubkan yang membentang dari ujung ke ujung seperti iPhone X. Ini adalah layar resolusi quad-HD yang mendukung konten HDR dari YouTube, Prime Video dan Netflix.

IPhone 8 dan 8 Plus, di sisi lain, setia pada panel LCD IPS dengan resolusi yang sama seperti ponsel sebelumnya. Itu berarti 8 Plus memiliki panel 1080p, sedangkan 8 memiliki resolusi sedikit di atas 720p.

Di bagian belakang Samsung Galaxy S8 ada satu kamera 12 megapiksel dengan aperture f / 1.7. Kamera S8 sangat bagus dan mampu mengambil foto dengan akurat dan natural tanpa rewel dengan berbagai mode. Sementara iPhone 8 dilengkapi dengan kamera 12MP dan iPhone 8 Plus memiliki kamera 12MP ganda dengan aperture f / 1.8 dan f / 2,8 aperture.

Apple mengatakan kamera baru tersebut memiliki autofocus yang lebih baik, pengurangan noise built-in dan sensor yang lebih besar. IPhone 8 Plus juga memiliki mode ‘Portrait Lighting’ baru yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan kilat pada wajah orang.

Kesimpulan

Desain: Samsung Galaxy S8 dengan desain baru yang elegan melengkung ke tepi dan belakang. Sementara iPhone 8 masih menggunakan desain yang akrab dengan penggemarnya dengan tambahan lapisan kaca dibelakang. Kedua ponsel ini memiliki IP-rated yang baik untuk tahan air, bedanya Galaxy S8 masih menyediakan headphone jack.

Spesifikasi: Kedua ponsel memiliki spesifikasi top-end. Dapur pacu Galaxy S8 adalah CPU Snapdragon 835, sedangkan iPhone 8 memiliki chip buatan Apple, A11. Apple menempel ke LCD Retina untuk 8, sementara Samsung memasang AMOLED dengan dukungan HDR.

Jadi kamu pilih yang mana?

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account