Begini Beda Mixing dan Mastering Versi Fickal Nirock Studio

Velodrome – Mungkin ada teman-teman yang masih bingung antara mixing dan mastering didalam industri musik, padahal keduanya mempunyai perbedaan yang sangat jauh.

Mixing merupakan suatu proses pengerjaan balance multitracks dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan mixer, soundboard, softwere atau plugin untuk menentukan frequensi agar proses audionya jadi lebih teratur serta hasilnya menjadi enak didengar.

Image: Nirock Studio

Mastering adalah sebuah langkah akhir dari sebuah proses produksi audio menggunakan soundboard dan software.

Hanya saja kapasitas levelingnya berbeda dari mixing. Kalau mastering gain atau besaran volume sesuai dengan standard broadcast ada perlakuan khusus dan ada indikator “level” khusus, bukan secara kasar membesarkan volume sembarangan.

Image: Waves.com

Setelah semua data selesai di mixing dan mastering segera siapkan  CD, DVD, Flashdisk, ataupun Hardisk untuk penyimpanan akhir, tentunya yang sudah terbebas dari virus serta gunakan CD yang berkualitas tinggi agar tidak terjadi error saat ingin mendengarkan lagunya di device lain.

Baca juga: Nirock Studio, pilihan rekaman yang nyaman dikawasan timur Jakarta 

Nah Tuners, begitulah membedakan mixing dan mastering pada hasil rekaman. Jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat langsung dikolom komentar. (Fickal Bejo/Nirock Studio)

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account