Belajar Teknik Slapping Yang Baik

Velodrome – Kita yang mengenal sosok pemain bass seperti Flea (Red Hot Chilli Peppers), Mark King (Level 42) atau dari indonesia ada Bondan Prakoso, Indro Hardjodikoro, dan lain lain, pasti tidak asing dengan tekniknya yaitu teknik slapping.

Teknik slapping pertama kali diperkenalkan pada tahun 60’an oleh salah seorang pemain bass dunia yang bernama Larry Graham dengan bandnya yang bernama Sly & The Family Stones dan juga Graham Central Station. Awalnya teknik ini diaplikasikan karena Larry dihadapkan pada situasi harus bermain tanpa pemain drum, sehingga dia harus menggantikan peranan perkusif pemain drum dengan tanpa kehilangan fungsi utamanya sebagai pemain bass.

Koleksi Fajar Adi Nugroho (Facebook)

Teknik inipun menjadi standar baru dunia dalam permainan bass dan banyak ditiru dan dikembangkan oleh banyak pemain bass lainnya kedalam tingkat yang lebih bervariasi lagi. Sebutlah diantaranya Stanley Clarke, Marcus Miller, Louis Johnson, Victor Wooten, Les Claypool dan masih banyak lagi dengan ciri permainannya masing-masing.

Teknik slapping sendiri terdiri dari dua komponen terpenting yaitu Thumb dan Pluck. Thumb atau biasa disebut juga slap adalah melakukan “tamparan” dengan ibu jari ke senar dan segera dilepas sehingga menghasilkan suara yang perkusif dan ritmik. Sedangkan Pluck atau bisa disebut pop adalah menarik senar yang umumnya dilakukan dengan telunjuk atau jari tengah sesuai dengan selera anda.

Teknik tambahan lainnya yaitu hammer on dan pull off. Hammer on adalah hasil pergerakan jari tangan kiri mengetuk senar untuk menghasilkan bunyi. Sedangkan pull off adalah kebalikan dari hammer on. Jari tangan memetik sekali.

Untuk penjariannya : T = Thumb (Jempol)
P = Pluck (Telunjuk/Tengah)

HO = Hammer On (Telunjuk dan Manis) PO = Pull Off ( Manis dan Telunjuk)

Seperti biasa aplikasi kali ini akan lebih saya khususkan pada instrument bass berdawai 4, karena bass berdawai 4 lebih umum digunakan oleh banyak pemain bass baik diIndonesia maupun mancanegara. Dengan tunning standar bass 4 senar (G D A E )

Gambar 1 . Menunjukan bentuk latihan dasar Thumb. Latihlah thumb disetiap senar dengan harga not 1⁄4, 1/8, 1/16. Latih secara perlahan dengan tempo yang dirasa paling kuat dengan sabar dan disiplin

Gambar 1

Gambar 2 . Menunjukan bentuk latihan dasar Pluck. Pertama-tama latih pluck disetiap senar dengan harga not 1⁄4, 1/8, 1/16. Latihlah secara perlahan dengan pada tempo 80 bpm hingga tempo yang paling anda kuat dengan sabar dan disiplin.

Gambar 2

Gambar 3. Merupakan gambar bentuk latihan hammer on dan pull off disetiap senar dengan harga not 1⁄4, 1/8, 1/16 dengan diawali tempo 80 bpm. Naikan tempo secara perlahan apabila dirasakan telah terbiasa. Teknik ini bisa memberikan kesan wah apabila dilakukan dengan tempo cepat kepada orang yang melihatnya.

Gambar 3

Gambar 4 . Merupakan latihan gabungan dari teknik thumb dan pluck yang diaplikasikan dalam tangga nada C mayor. Latih secara perlahan dengan tempo 80 hingga rapi, lalu tambahkan tempo perlahan-lahan.

Gambar 4

Gambar 5 . Merupakan penggolongan seluruh latihan dalam sebuah groove yang simple mencakup thumb, pluck, hammer on, dan pulloff. Latihlah dengan cara yang sama hingga bersih.

Gambar 5

Latihlah semua contoh dengan sabar dan disiplin dengan menggunakan metronome dan segera aplikasikan kesemua chord, dan apabila ada pembaca yang menggunakan bass berdawai 5 atau berdawai 6 cobalah diaplikasikan kedalam instrument nya juga.

Baca juga : Mengaplikasikan Teori Tapping Pada Bass (Part 1)

Teruslah berlatih dan aplikasikan apa yang sudah kamu dapatkan ke dalam permainan anda. Jangan pernah takut untuk melakukannya, percaya pada diri kamu untuk dapat meningkatkan skill permainan. Theres nothing impossible. Selamat berlatih!!!

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account