Berkunjung Ke Museum Oasis Indonesia, MolekLane Museum

Whitewood – Siapa yang tidak kenal dengan band Britpop yang berjaya pada pertengahan tahun 1990-an, Oasis. Band yang digawangi oleh dua bersaudara Liam dan Noel Gallagher ini menjadi salah satu ikon yang fenomenal di masa itu.

Tetapi siapa sangka ternyata di Indonesia, atau tepatnya di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan, terdapat sebuah museum yang menampilkan segala pernak pernik yang berhubungan dengan band asal Manchester tersebut.

Jangan dibayangkan museum ini sama dengan museum pada umumnya yang besar dan kuno. Museum Oasis Indonesia hanyalah berupa sebuah kamar di dalam rumah di daerah kompleks Molek Ciputat.

Yup, museum Oasis Indonesia ini diberi nama MolekLane karena terinpisrasi dari judul lagu band legendaris The Beatles, Penny Lane. MolekLane Museum digagas oleh seorang penggemar band Oasis bernama Ilham Priananda.

Dalam museum ini terdapat berbagai koleksi barang- barang berupa boxset, kaset, CD DVD, poster, souvenir, sepatu dan bahkan replika gitar yang dipakai oleh Noel Gallagher saat tampil di Maine Road pada tahun 1996.

Segala macam benda-benda yang berhubungan dengan band Oasis dan juga band bentukan Gallagher bersaudara pasca Oasis, Beady Eye dan The High Flying Bird, menjadi koleksi Ilham.

Bukan hanya barang yang berhubungan langsung dengan Oasis, tetapi disini juga terdapat barang-barang yang sebenarnya tidak berhubungan langsung dengan Oasis. Misalnya saja majalah NME yang terdapat di dalam cover album The Masterplan, ternyata disini juga ada majalah aslinya.

Beberapa barang yang terdapat disini juga telah ditandangani langsung oleh para personil Oasis. Bahkan salah satu koleksi Ilham, album ‘Definitely Maybe’ cetakan pertama, ditandatangani sampai tiga kali oleh Noel Gallagher. Ilham juga memastikan semua barang yang ditampilkan disini adalah barang resmi atau official dari band Oasis.

Banyak cerita di balik koleksi Ilham yang ternyata tidak mudah untuk mendapatkan  barang-barang koleksinya tersebut. Selain harus mengumpulkan uang dan menabung, Ilham juga harus rela berjam-jam menunggu hanya untuk bertemu langsung dengan idolanya.

Berawal dari banyaknya koleksinya itu, Ilham memutuskan untuk membangun museum Moleklane. Ilham juga mengungkapkan bahwa koleksinya yang ditampilkan saat ini hanyalah sekitar 20 persen dari koleksinya keseluruhan.

Kabar tentang Moleklane ini tidak hanya telah terdengar oleh media lokal. Media dari luar seperti BBC, media dari Prancis dan Jepang. Ilham juga pernah mengikuti pameran band Oasis di Jepang beberapa waktu lalu.

Jadi tidak perlu ke Manchester toh untuk melihat serba-serbi OASIS, di sini juga ada kok.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account