Cara Mudah Untuk Memperkuat Sinyal Smartphone Anda

smartphone

Velodrome – Smartphone yang saat ini begitu digandrungi pun jika berbicara tentang sinyal tetap saja terkadang masih tidak memuaskan untuk digunakan. Kesalahan memang tidak terletak pada ponsel anda namun kekuatan sinyal lah yang sering kali menghalangi kelancaran komunikasi.

Namun sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara memperkuat sinyal ponsel. Anda terlebih dahulu harus memeriksa kekuatan sinyal dari telepon genggam yang digunakan agar terlihat dengan jelas besaran kekuatan sinyal pada tiap wilayah berbeda.

Bagi anda pengguna Android, cukup masuk ke dalam Setting, About, lalu klik Network. Selanjutnya kekuatan sinyal akan ditunjukkan dalam satuan decibel miliwatts (dBm). Sedangkan untuk pengguna iPhone, cobalah untuk menekan *3001#12345#* pada dial pad di menu Phone.

Secara otomatis anda akan dibawa ke menu Field Test, setelah itu bar sinyal pun akan berubah menjadi satuan dBm. Indikasi baiknya sinya adalah pada angka -70 dBm selain itu maka akan dianggap sinyal yang buruk.

Setelah anda mampu melihat besaran kekuatan sinyal berdasarkan acuan dBm, kini beberapa langkat berikut bisa digunakan untuk mulai memperkuat sinyal anda ketika menggunakan telepopn genggam anda.

Buatlah Peta Kekuatan Sinyal

smartphone

Ilustrasi Peta
Image by coretanpetualang

Pada dasarnya saat sedang ada didalam sebuah bangun, sinyal yang bisa diterima oleh ponsel pintar anda akan berbeda-beda, untuk itu diperlukan pemetaan yang tepat untuk dapat melihat dibagian mana saja dari sebuah bangunan terdapat sinyal yang kuat.

Jalankan mode field test anda, kemudian cobalah untuk berkeliling area disekitar anda untuk mengetahui wilayah mana yang memiliki sinyal terkuat dengan angka dBm -70. Dengan ini ketika anda menggunakan smartphone tersebut cukup berjalan ke area tersebut untuk mendapatkan sinyal terbaik.

Refresh Dengan Mode Airplane

smartphone

Image by neton

Terkadang saat sedang digunakan sinyal ponsel selalu saja buruk walau pun telah berjalan ke area dengan sinyal yang bagus. Untuk itu anda cukup menyalakan mode airplane selama 3 detik lalu matikan kembali mode tersebut.

Cara ini akan merefresh koneksi ke jaringan operator seluler yang Anda gunakan. Selain itu cara ini juga akan membuat ponsel anda terhubung pada pemancar sinyal dengan lokasi terdekat. Maka sinyal yang diterima oleh handphone anda akan menjadi lebih kuat.

Buka jendela

smartphone

Image by waterlooprod

Membuka jendela bisa menjadi salah satu solusi mengatasi kelemahan sinyal anda. Cara ini akan memudahkan ponsel untuk menangkap sinyal yang dipancarkan tanpa harus menembus penghalang contohnya mobil atau pun tembok.

Baca Juga : Kode Rahasia Android Yang Belum Banyak Diketahui

Periksa Indikator Baterai

smartphone

Image by Google Play

Ponsel pintar saat ini sudah mampu melakukan mode penghematan secara otomatis disaat baterai handphone anda dalam keadaan kritis. Jika memang hal ini yang terjadi cukup isi ulang baterai ponsel pintar anda maka secara otomatis ponsel kembali ke mode normal.

Mendekat ke arah pemancar sinyal

smartphone

Image by The Magazines

Untuk dapat melihat arah dari pemancar sinyal terdekat dari lokasi anda, maka anda diharuskan untuk terlebih dahulu mengunduh aplikasi Open Signal yang dapat menunjukkan koordinat lokasi tower pemancar sinyal disekitar anda.

Jika sudah terundur, maka anda bisa membuka aplikasi tersebut dan melihat menara pemancar sinyal mana yang terdekat dengan lokasi anda, maka anda cukup berjalan dan mendekat kearah menara tersebut untuk bisa mendapatkan sinyal lebih kuat.

Itu lah beberapa tips yang bisa digunakan anda untuk memperkuat sinyal smartphone anda. Mudah-mudah bisa bermanfaat dan membuat komunikasi anda lebih lancar, selamat mencoba.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account