Begini Caranya Atasi Smartphone Panas, Kenali Penyebabnya

Velodrome – Suka bete kalau smartphone kehabisan baterai, jadi mati gaya dan menghambat komunikasi. Enggak jarang akhirnya smartphone pun digunakan saat sedang dicas. Alhasil banyak yang mengeluh kalau smartphonenya panas. Bahkan ada smartphone yang tak di cas pun suhunya naik.

Kira-kira apa saja penyebabnya smartphone menjadi panas, dan bagaimana cara mengatasinya? Cari tahu selengkapnya.

Terlalu Lama Membuka Aplikasi Kamera

Dibandingkan dengan aplikasi yang lain, Kamera merupakan aplikasi yang paling banyak menggunakan daya dan ram sehingga sangat cepat membuat smartphone panas. Hal ini disebabkan ketika menggunakan aplikasi kamera, smartphone akan mengaktifkan CPU dan GPU secara bersamaan. Tak heran kalau digunakan dalam waktu yang cukup lama smartphone jadi panas.

Kalau lupa menutup aplikasi kamera pun akan menimbulkan efek yang sama. Walaupun tak secepat ketika aplikasi tersebut aktif, namun ingat, semua aplikasi yang tidak ditutup tetap berjalan dibelakang layar (background process). Untuk lebih menghemat baterai dan daya ponsel, sebaiknya bersihkan background process yang tidak penting.

Membuka Banyak Aplikasi Sekaligus

Image : How To Geek

Kemampuan smartphone kini tak kalah canggihnya dengan device sekelas laptop atau pun personal computer. Penyematan RAM hingga 4GB pun dimaksudkan agar pengguna bisa menggunakan beragam aplikasi secara bersamaan tanpa lag, dan kendala berarti.

Namun bukan berarti harus melulu menggunakan aplikasi layer to layer. Karena ketika hal ini terjadi jangan heran kalau smartphone kesayangan kamu jadi panas. Banyaknya aplikasi yang digunakan akan meningkatkan kinerja CPU dan GPU. Semakin banyak akan semakin tinggi kapasitas RAM yang digunakan membuat smartphone panas bahkan menimbulkan lagging.

Terlalu Banyak Aplikasi

Image : Android Authority

Saking besarnya RAM dan Memory yang dimiliki kadang pengguna bisa mendownload banyak aplikasi, walaupun aplikasi tersebut tidak penting-penting amat, atau bahkan sangat jarang digunakan. Padahal tanpa diketahui bahwa aplikasi tidak penting ini meski tidak digunakan tetap berjalan dan mengambil jatah RAM serta Memory yang membuat smartphone jadi cepat panas. Untuk itu, install atau simpan aplikasi di smartphone sesuai kebutuhan saja.

Jaringan Tak Stabil

Image : Pocket Now

Saat ini jaringan 4G menjadi pilihan semua orang. Tak salah, karena jaringan yang satu ini memang tercepat dikelasnya. Namun sayangnya tak semua wilayah sudah mendukung jaringan ini, beberapa kawasan masih belum tercover oleh 4G, bahkan 3G pun di sebagian wilayah masih sulit untuk di dapat.

Ketika berada di wilayah yang seperti ini, ada baiknya jaringan disesuaikan jangan memaksakan menggunakan 4G ataupun 3G. Bahkan ketika ada di wilayah yang kurang stabil sinyalnya disarankan agar smartphone dialihkan ke mode airplane atau pesawat. Alasannya untuk menghindari smartphone menjadi panas ketika mencoba menangkap jaringan yang tidak stabil tersebut.

Mematikan Smartphone

Image : Motherboard

Engga cuma manusia loh yang butuh istirahat, smartphone juga butuh istirahat. Engga ada salahnya berhenti sejenak dari gadget. Terutama di waktu istirahat malam, ada baiknya gadget pun ikut diistirahatkan dengan dimatikan.

Bahkan beberapa pakar menyatakan kalau gadget lebih baik diisi baterainya dalam keadaan mati. Selain gadget bisa istirahat, mengisi baterai smartphone dalam keadaan mati pun bisa lebih cepat dibanding dengan smartphone yang menyala loh dan beresiko menjadi panas karena terus menerus dipakai.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account