Catper Mendaki Gunung Puntang Di Bandung Selatan

Velodrome – Bila anda mempunyai hobi hiking atau naik gunung tetapi tidak ingin pergi terlalu jauh dari ibukota Jakarta atau kota di Jawa Barat lainnya, mungkin gunung Puntang bisa menjadi alternatif. Selama ini gunung paling dikenal di Jawa Barat adalah gunung Gede-Pangrango, Salak, Ciremai atau gunung-gunung di daerah Garut.

Gunung Puntang terletak di sebelah selatan kota Bandung atau tepatnya di daerah Banjaran dan Pengalengan, sekitar 30 Km atau 3 jam dari kota Bandung. Gunung ini mempunyai ketinggian sekiar 2222 mdpl dan memakan waktu sekitar 4 – 6 jam untuk mencapai puncaknya yang dikenal dengan puncak Mega.

Untuk mencapai gunung Puntang, kita bisa membawa kendaraan sendiri karena jalannya sudah sangat bagus atau bisa juga menggunakan kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan umum, dari terminal Leuwipanjang atau dari stasiun kereta api, ambil angkutan kota (angkot) jurusan Tegalega lalu diteruskan dengan angkot jurusan Pengalengan atau Banjaran.

Dari pasar Banjaran ambil angkutan pedesaan seperti bemo untuk menuju bumi perkemahaan gunung Puntang. Kalau naik angkot jurusan Pengalengan, turun di tugu macan,dilanjutkan dengan angkutan pedeasaan jurusan bumi perkemahan Puntang.

Sampai di objek wisata gunung Puntang kita bisa memarkir kendaraan dengan biaya yang cukup terjangkau. Untuk memulai pendakian disarankan dari basecamp PGPI ( Persaudaraan Gunung Puntang Indonesia ) yang terletak di pinggir jalan menunju bumi perkemahan.

Jarak dari titik awal pendakian sampai dengan pos pertama memakan waktu sekitar 1 ½ jam dengan jalur yang terus menanjak. Yang lucu di gunung Puntang ini nama-nama pos diletakkan terbalik. Jadi Pos 1 justru berada dekat dengan puncak Mega.

Dalam perjalanan menuju puncak, kita akan bertemu dengan pos pemancar radio bekas digunakan saat penjajahan Belanda. Pada zaman penjajahan Belanda, pos ini digunakan untuk memberi berita ke negeri Belanda tentang perkembangan di Indonesia. Di jalur ini juga banyak orang yang melakukan olahraga motorcross .

 

Sekitar 2 jam perjalanan, sampailah di pos batu kereta yang bisa dijadikan tempat camp atau membuka tenda untuk menginap. Setelah melewati pos 3,2 dan 1 yang terletak sekitar 10 menit  dari puncak, sampailah kita di puncak Mega gunung Puntang. Dari puncak Mega kita bisa melihat pemandangan indah hutan-hutan di sekitar kota wilayah Bandung Selatan.

 

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account