Comsnets Indonesia 2017 : Para Pembicara Part 1

Comsnets Indonesia 2017

Velodrome – Comsnets Indonesia 2017 akan segera dilaksanakan pada 15 – 16 Mei 2017 di Fairmont Hotel Ballroom, Senayan – Jakarta Selatan. Tentu saja Comsnets selalu menghadirkan para pembicara yang memang sangat teruji di bidangnya masing-masing.

Pengalaman dan kinerja yang luar biasa selalu ditunjukkan oleh para pembicara yang hadir di Comsnets, tak hanya sekedar menyampaikan teori-teori saja, mereka juga akan langsung membimbing para peserta untuk bisa menyelesaikan sebuah projek.

Siapa sajakah para professional yang ditunjuk sebagai pembicara sekaligus mentor dalam gelaran Comsnets Indonesia 2017 ini? Berikut adalah nama-nama para ahli tersebut sekaligus dengan kisi-kisi tema pembicaraan mereka dalam Comsnets Indonesia 2017.

Prof. HENNING SCHULZRINNE

Comsnets Indonesia 2017

Columbia University, USA

Materi : Telecom Regulatory and Policy Agencies

Peraturan serta kebijakan terkait bidang telekomunikasi saat ini menghadapi berbagai tantangan. Situasi ini tak lepas dari situasi hukum dan politik terkait kondisi suatu negara atau pun wilayah. Berikut ini adalah beberapa masalah yang terjadi dan harus segera ditangani :

Misalnya kebijakan standar yang mengatur regulasi kompetisi antara layanan kable dengan DSL yang sebetulnya bertujuan untuk mendorong lahirnya kompetisi. Namun, munculnya jaringan fiber dan jaringan fiber hybrid-serat, juga LTE dan 5G, justru membuat kebijakan tersebut tidak menarik.

Baca Juga : Comsnets Indonesia 2017 : Para Pembicara Part 2

Kebutuhan manusia terhadap media komunikasi sangatlah penting layaknya kebutuhan pada air dan listrik dalam sebuah rumah. Namun yang menjadi tantangan besarnya adalah ketika media komunikasi ini harus mampu menjangkai daerah-daerah terpencil dengan penduduk berpenghasilan rendah namun diharuskan efektif dan efisien untuk bisa diakses.

Lebih dari itu, akses komunikasi yang disediakan juga harus dimungkinkan untuk bisa diakses oleh orang-orang berkebutuhan khusus. Maka lahir lah layanan relay, text-to-911, real-time teks dan teks tertutup yang tidak hanya mendukung komunikasi fungsional-setara, tetapi juga dapat membuat mode baru komunikasi universal.

DR. ARCHAN MISRA

Comsnets Indonesia 2017

Singapore Management University

Pembahasan : Mobile & Urban Sensing and Analytics for Smart City Services

Beliau akan memperkenalkan bagaimana kombinasi data dari perangkat mobile pribadi, portal informasi perkotaan, platform media sosial dan sensor infrastruktur yang diwujudkan kedalam aplikasi untuk mendukung terwujudnya smart city alias kota pintar.

DR. Archan juga akan menjelaskan bagaimana kemajuan teknologi dalam analisis mobile diterapkan pada data yang dihasilkan dari perangkat mobile & dapat dipakai secara pribadi untuk membantu memberikan pandangan tentang perilaku manusia dalam kesehariannya.

Berikut adalah empat kategori yang akan dibahas.

Analisa Geospasial yang merupakan analisa untuk memahami perilaku manusia di ruang tertutup publik, misalnya saja pusat perbelanjaan.

Analisa Perangkat Pribadi menggunakan data yang diambil dari perangkat pribadi yang biasa digunakan, misalnya saja smartwatches (jam tangan pintar) yang seringkali digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti belanja dan makan.

Analisa Sosial dan Fisik yang menggabungkan data perilaku seseorang yang diambil dari data media sosial dan portal informasi sebuah kota.

Crowdsourcing Mobile yang memanfaatkan partisipasi warga untuk mengoptimalkan pemantauan dan pengiriman layanan kota.

Selain itu, beliau juga akan memberikan pandangan tentang bagaimana analisa yang dilakukan terhadap sebuah bangsa mampu memberikan saran kepada pemerintah dalam memutuskan kebijakan-kebijakan yang baik dalam jangka waktu yang panjang.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account