Comsnets Indonesia 2017 : Para Pembicara Part 2

Comsnets Indonesia 2017

Velodrome – Comsnets Indonesia 2017 juga mengundang Bapak Prof. DR. Ing. Kalamullah Ramli sebagai pembicara dalam gelarannya di tahun ini. Sebagai salah satu Dosen di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, tentu saja beliau memiliki pandangan yang mampu memotivasi generasi muda bangsa untuk terus maju.

Indonesia yang merupakan negara dengan populasi lebih dari 255 juta penduduk, 318 juta diantaranya memiliki perangkat mobile, dan sekitar 88 juta merupakan pengguna internet aktif. Maka Indonesia diharapkan bisa menjadi lahan subur bagi tumbuhnya teknologi Internet of Things (IOT), bahkan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Untuk mewujudkan mimpi tersebut maka Prof. Dr. –Ing. Kalamullah Ramli akan membahas isu-isu yang berkaitan dengan yang potensi teknologi IoT di Nusantara. Beliau juga akan membahas tentang kesiapan sektor pendidikan dan perusahaan lokal di berbagai sektor layanan juga tantangan yang harus dihadapi terkait kebijakan dan regulasi.

Comsnets Indonesia 2017

Prof. DR. Ing. Kalamullah Ramli
Dosen Fakultas Teknik, Universitas Indonesia
Image by YouTube

Termasuk peluang yang menjanjikan dimana pada 2030 di Indonesia diprediksi akan semakin bertambah jumlah pengguna teknologi mobile sekitar 90 juta orang. Sedangkan dari sektor otomotif diperkirakan akan pesatnya pertumbuhan yang mencapai angka hingga 46 juta kendaraan.

Untuk sektor pelayanan publik, akan tersedia 83 juta rumah untuk 300 juta orang. Sementara di sektor keuangan, 4,8 juta UKM akan mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Negara.

Selain itu Comsnets juga mengundang Prof. Sunghyun Choi, Ph.D., FIEEE, yang merupakan seorang professor di Departemen Teknik Elektro dan Komputer di Seoul National University (SNU), Seoul Korea. Dalam Comsnet 2017 ini, beliau didapuk menjadi salah satu pembicara juga.

Topik yang akan dibicarakan mengenai IoT Connectivity Technologies: Today and Tomorrow. Dewasa ini lebih dari 10 miliar perangkat yang dihubungkan dengan internet, dan diperkirakan nanti tahun 2020 akan mencapai angka lebih dari 30 miliar perangkat ataupun juga sensor.

Comsnets Indonesia 2017

Prof. Sunghyun Choi, Ph.D., FIEEE

Saat ini berbagai konektivitas baik itu kabel atau nirkabel telah diguakan untuk menghubungkan perangkat IoT. Mulai dari benda-benda yang terdapat di rumah ataupun di dalam gedung telah terkoneksi menggunakan tekhnologi jaringan nirkable jarak pendek seperti halnya Bluetooth, Wi-I, ZigBee. Sementara untuk yang berada di luar ruangan  masih menggunakan Lower Power Wide Area (LPWA) contohnya saja seperti LoRa dan juga LTE-M.

Dan dimasa mendatang tepatnya pada tahun 2020 akan mulai jaringan 5G. Jaringan tersebut akan bisa lebih banyak menyambungkan berbagai perangkat agar bisa terhubunga dengan internet. Dan hal inilah yang akan dibahas oleh Prof. Sunghyun Choi dalam seminarnya di Comsnets 2017. Beliau akan mengupas tuntas masalah berbagai IoT teknologi konektivitas saat ini dan masa depan serta tantangan yang akan dihadapi di masa yang akan datang.

Baca Juga : Comsnets Indonesia 2017 : Para Pembicara Part 3

Editor : MP Jathia

[button link=”https://comsnets.id/booking-ticket/” size=”large” icon=”fa-download” side=”left” target=”” color=”0f47b7″ textcolor=”ffffff”]Booking Comsnets Ticket[/button]

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account