Kenalan dengan Komunitas Cosplay Machipot Indonesia

Machipot Indonesia

Velodrome – Machipot Indonesia adalah sebuah komunitas cosplay yang unik dengan konsep kabaret cosplay. Apa sih kabaret Cosplay itu? Jadi di setiap penampilannya, mereka tak hanya mengenakan kostum anime saja, namun mereka juga menampilkan sebuat pertunjukan drama dalam durasi pendek.

Rizky, yang merupakan ketua Machipot Indonesia, mengatakan bahwa biasanya mereka menggunakan taman atau fasilitas umum di sekitar Kelapa Gading sebagai tempat latihan mereka. Mereka juga rutin melakukan latihan seminggu sekali agar tidak kaku saat pertunjukan.

Machipot sendiri terbentuk dari kecintaan para penggemar anime, game dan manga yang kemudian diwujudkan dalam bentuk komunitas. Pada tahun 2006 Machipot diresmikan dan hingga kini tergolong aktif dalam mengikuti beragam event cosplay baik di dalam maupun luar negeri.

Tentunya jika bicara cosplay tak lepas dari urusan kostum, memang pada awalnya mereka harus membuatnya sendiri. Namun, kini sudah ada yang membuatkan dan jadi langganan. “si pembuat bahkan tahu apa yang kita mau malah kadang kami juga membantunya dengan membuat properti seperti senjata dan sejenisnya,” ujar Rizky lebih lanjut.

Nama Machipot Indonesia putri semakin dikenal seiring dengan banyaknya event yang mereka ikuti. Tapi yang pasti, passion lah yang menjadi alasan utama mereka dalam bercosplay, hal ini juga yang membuat mereka tak henti berkreativitas.

Apa sih sebenarnya cosplay itu sendiri?

Cosplay adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (Wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata “Costume” (Kostum) dan “Play” (Bermain). Jadi cosplay bisa berarti sebuah hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah guna meniru penampilan para tokoh dalam anime, manga, manhwa, dongeng, game, musisi idola, dan animasi.

Sedangkan pelaku cosplay disebut dengan Cosplayer. Namun dikalangan para penggemar, cosplayer biasa disebut sebagai Layer. Di Indonesia sendiri sangat jarang ditemukan Cosplayer yang mengenakan kostum karakter dari luar Asia.

Machipot Indonesia

Image by deviantart.net

Boomingnya manga dan anime Asia di Indonesia memang menjadi alasan banyaknya cosplayer memilih untuk mengambil karakter-karakter tersebut. Ditambah lagi kultur Asia yang lebih mudah diaplikasikan dalam kostum dan karakter masyarakat Indonesia.

Cosplay sendiri mulai dikenal pada awal tahun 2000-an, beberapa event kebudayaan Jepang yang mulai digelar saat itu mulai mengadakan Event Cosplay. Namun saat itu pelaku cosplay-nya masih dari para penyelenggara acara.

Baca Juga : Sejarah perkembangan Cosplay di Dunia

Akhirnya beranjak dari Event Jepang tersebut, mulailah beberapa pemuda-pemudi (kebanyakan pemudi) di Bandung memperkenalkan gaya Harajuku, kemudian mulailah hadirnya para cosplayer yang lantas berlanjut hingga sekarang.

Jadi gimana? Tertarik untuk menjadi cosplayer juga, sambangi aja langsung komunitas terdekat dikotamu dan mulai bergaya kostum yang kamu inginkan.

Sumber : putuberbagi.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account