Replika Kuil Parthenon dari Kumpulan Buku Terlarang

Velodrome – Marta Minujin adalah creator yang membuat replika kuil Parthenon dari 120.000 buku terlarang yang dikumpulkan dari seluruh dunia. Karyanya tersebut merupakan bagian dari helatan festival seni kontemporer bergengsi di Jerman, Documenta yang tahun ini memasuki gelaran ke 14.

Creator asal Argentina tersebut membangun karyanya di Kota Kassel, Jerman, dengan ukuran yang sama seperti asli. Bedanya, kuil replika ini terbuat dari plastik dan baja dihiasi oleh buku-buku yang pada masanya dilarang untuk terbit di sebuah tempat. Termasuk novel best seller Harry Potter.

Replika Kuil Parthenon dari Kumpulan Buku Terlarang

Image : Documenta14

Semua orang memiliki kesempatan untuk berkontribusi dalam menyelesaikan karya Minujin dengan menyumbangkan “buku terlarang”.

Berlangsung setiap lima tahun sekali di Kassel, Jerman, documenta adalah pameran karya seni kontemporer terkemuka di dunia. Documenta memungkinkan seniman yang diundang sejak beberapa tahun sebelumnya untuk membayangkan dan memproduksi proyek khusus untuk pameran ini.

Karya para seniman dipajang di beberapa lokasi indoor dan outdoor selama 100 hari. Oleh karena itu Documenta disebut sebagai “museum 100 hari”. Jumlah karya seni individu yang terkumpul berfluktuasi antara 450 dan 2700 setiap gelarannya.

Kurator asal Polandia, Adam Szymczyk menjadi pengarah gelaran Documenta14. Hasil pemilihan seniman oleh Adam merupakan reklamasi suara politis dan persuasif untuk seni dan dari seni di dunia yang tengah bergejolak ini.

Replika Kuil Parthenon dari Kumpulan Buku Terlarang

Image : Documenta14

Kuil Parthenon sendiri dibuat di Athena antara tahun 447 dan 442 BC. Tingginya 10 meter, panjang 70 meter, dengan lebar 30 meter. Kuil tersebut merupakan rumah untuk patung emas Dewi Athena, dewi kebijakan di Yunani.

Agar dapat menyelesaikan Kuil Parthenon buatan ini sang creator masih membutuhkan sumbangan buku terlarang. Minujin dengan hormat meminta Anda untuk mengirimkan lebih banyak buku melalui Documenta.

Untuk Anda yang ingin terlibat dalam proyek ini dan membantu sang creator menyelesaikan karyanya silahkan donasikan buku terlarang yang Anda miliki melalui tautan ini.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account