Belajar Ilustrasi Manga di Creators Super Festival 2017

Belajar Ilustrasi Manga di Creators Super Festival 2017

Velodrome – Creators Super Festival (CSF) 2017 menjadi pertunjukan sekaligus ajang belajar bagi para kreator muda yang antusias dengan kultur pop. Event yang bertemakan budaya pop Jepang itu memberikan wadah untuk mendalami karya seni ilustrasi Jepang yang sering kita sebut sebagai manga.

Perkembangan seni ilustrasi Jepang di Indonesia patut dilihat lebih dalam. Terutama untuk mengetahui sejauh mana seniman lokal berupaya mengembangkan industrasi yang sebenarnya punya potensi untuk sukses di dunia showbiz.

Dalam sesi talkshow bersama art influncer di Creators Super Festival, terdapat dua ilustrator yakni Okita Kung dan John Hathaway. Kedua ilustrator tersebut mendemonstrasikan secara langsung proses saat mereka menggambar ilustrasi secara digital. Dalam proses tersebut, para pengunjung antusias melihat proses  pembuatan karya manga sekaligus menyimak kisah dibalik layar pada seniman itu.

Okita Kung, ilustrator manga asal Thailand itu membagi inspirasi melalaui karyanya yang akhirnya banyak diapresiasi banyak orang. Okita Kung dikenal publik sebagai ilustrator manga dengan citra yang cute dan sexy. Ia suka membuat versi lain dari karakter anime yang sudah ada untuk dikreasikan kembali menjadi versinya.

Kung mengatakan, pendalaman masalah karakter sebelum menggambar manga merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut akan menentukan bagaimana karakter tersebut akan terlihat di raut muka dan penampilan secara keseluruhan. Meskipun karakter lucu atau kawai sudah sangat identik di komik-komik jepang, ilustrator harus bisa menggambarkan bentuk ekspresi tertentu untuk menggambarkan kelucuan seseorang.

Menurut Kung, kreator Indonesia punya potensi untuk membuat karya manga ilustrasi versi mereka sendiri. Ketika ia berkeliling dan bertukar pikiran dengan kreator lokal, Kung berpendapat bahwa ilustrator Indonesia punya karakter yang unik hasil dari eksplorasi ekspresi natural. “Karakter wajah di komik-komik Indonesia lebih beragam. Ekspresi cute yang dihasilkan oleh kreator Indonesia bermacam-macam,” kata Kung.

Lain halnya dengan John Hathaway, ilustrator asal Jepang yang terkenal dengan karya manganya yang sangat kaya dengan berbagai elemen di dalamnya. Bagi Anda yang belum mengenal sosoknya, Hathaway adalah seorang ilmuwan dibidang fisika teknik. Ia tertarik dengan ilustrasi manga sejak ia di sekolah menengah.

Karyanya identik dengan pengaruh antigravity, physic, dan floating ufo. Ia juag suka dengan cewek jepang yang kawai. Berbagai elemen tersebut ia kombinasikan dalam satu karrya ilustrasi. Ilustrator yang mengaggumi serial Cardcaptor Sakura itu memang suka menggabungkan sains dengan fantasi. Jika melihat karyanya, Anda akan terpukau dengan berbagai ilustrasi manga yang dihasilkan.

Belajar Ilustrasi Manga di Creators Super Festival 2017

Image : Divertone /Rintang

Dengan perpaduan antara detail, perspektif, warna, serta karakter Jepang, Hathaway menciptakan karya yang di luar akal manusia. “Saya memperhatikan detail, bukan hanya karakter manga saja. Rata-rata, saya menghabiskan waktu sekitar 3 bulan untuk menghasilkan satu karya ilustrasi,” kata Hathaway.

Baru-baru ini, Hathaway bekerjasama dengan Yahoo! Jepang untuk proyek “Mother of Internet”. Hathaway dipercayai untuk membuat karya ilustrasi manga digital berukuran portrait sepanjang 4 meter (computer scroll). Karyanya berbentuk menara dengan berbagai level  lantai untuk menunjukkan sebuah peristiwa penting tentang sejarah internet dari tahun 1969. WOW!!

Kedua ilustrator tersebut juga membagi pesan bagi ilustrator muda Indonesai yang tertarik mendalami seni yang berkembang di negeri Sakura itu. Ilustrasi yang bagus tidak bisa dihasilkan secara sekejap. Perlu praktik secara terus menerus mulai dari mengimitasi karya yang sudah ada sampai pada akhirnya menemukan karakter ilustrasi Anda sendiri.

Di Indonesia sendiri, sebenarnya banyak talenta loh tinggal bagaimana komunitas ini berkolaborasi untuk mengembangkan industri ilustrasi khas Indonesia.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account