Desainer Asal Korea Selatan Diprediksi Bakal Go-Global

Desainer Asal Korea Selatan Diprediksi Bakal Go-Global

Velodrome – Ibu Kota Korea Selatan, Seoul, terus melakukan rebranding industri fashionnya sejak 4 musim lalu. Nampaknya upaya tersebut membuahkan hasil, kini para desainer asal negeri ginseng itu pun diprediksi akan Go-Global.

Dengan perkembangan industri fashion yang pesat, Seoul siap mengejar London, Milan, Paris, dan New York yang menduduki kelas pertama kiblat fashion internasional.

Seoul bertransisi menciptakan pagelaran yang ditunjukkan untuk menarik para peminat fashion dengan peta global. Pada pertunjukan mode Fall/Winter 2017, brand Blindness yang dibentuk oleh Shin Kyu Yong dan Ji Sun baru saja kembali dari LVMH Prize presentation di Paris Fashion Week. Brand Blindness berkompetisi dengan Molly Goddard, Atlei, dan Martine Rose.

LVMH atau Moët Hennessy Louis Vuitton SE adalah French multinational luxury goods conglomerate yang punya kontrol untuk mengatur beberapa brand yang presitius dengan susidi 60 dari nama-nama besar industri fashion. Mereka membantu pemasaran produk fashion untuk go global.

Selain itu, Brand bentukan Younchan Chung, yakni The Sirius juga baru saja mendapatkan penghargaan dari British Fashion Council untuk International Fashion Showcase Prize in Seoul Fashion Week. Koleksi menswear The Sirius dinilai punyai konsep yang menyegarkan dengan desain kollektif yang sangat potensial. The Sirius pun juga punya porsi tempat untuk mengadakan showcase di Milan Fashion Week pada September mendatang.

Para desainer asal Kota yang sukses juga karena industri K-Pop itu terus menarik perhatian dunia. Meskipun belum masuk daftar panggung utama, Seoul Fashion Week perlahan mencapai tujuan mereka untuk membawa desainer ke buyer-buyer dari Eropa dan Amerika. Begitu juga press yang akan semakin membesarkan nama Korea Selatan di mata dunia.

Para pemerhati fashion menilai bahwa Seoul punya antensi dalam menerjemahkan koleksi fusion electic dari rock glamor dan juga futuristik. Para desainer yang berbasis di Soul punya visi tentang masa depan industri fashion dari koleksi yang mereka tawarkan ke dunia. Maybe Future is always exciting for Seoul — dibandingkan hanya memutar era dan memodifikasi sebuah desain untuk dikreasikan kembali.

Sebelum The Sirius dan Blindness, ada pula brand asal Korea Selatan yang sudah punya nama di panggung fashion internasional seperti Wooyoungmi dan Solid Homme serta Juun.J. Desain-desain koleksi para desainer tersebut menajdi master urban Asian attitude tetapi juga bereksperimen dengan identitas sosial serti western rebels melalui kacamata Korea Selatan.

Brand seperti D-Antidote juga sukses melalui luxury punk sportwear dengan konsep yang menyegarkan. Kimseoryoung pun juga terlibat dalam sartorial air dari brnad Haider Ackermannn dan Dries Van Noten yang bukan dari Korea Selatan.

Para desainer dari Seoul sadar bahwa fashion showcase harus membekas dei hati para penonton dan kalangan fashionista. Maka, mereka tidak main-main saat mengonsepkan pertunjukan mode dengan konsep retro gallery, young dan vibrant, dan futuristik minimalis. Misalnya, Sportwear scluptural direpresentasikan dengan bentuk galaksi, dihiasi dengan bordir, dan peta langit.. It’s going to be worthed for Milan Fashion Week.

Menggiring international buyer yang hadir dalam sebuah show sangat penting sebagai usaha untuk menyebarkan nama mereka di mata dunia. Bahkan, mereka berani tidak sepenuhnya memberikan aksesn K-Pop demi meraih pasar global.

Shin Kyu Yong dan Ji Sun berhak mendapatkan panggung di empat kota terbesar dengan melanjutkan dialog antara taste fashio  korea lokal dengan bisnis yang besar demi emndapatkan pendanaan dari LVMH untuk pergerakan selanjutnya.

Tak hanya itu, keseriusan Seoul dalam pendidikan fashion dengan pengembangan para siswa, mentor internasional serta seminar fashion nternasional tentu menjadi upaya untuk Go-Global.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account