Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu Kunjungi

Velodrome – Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu wilayah di timur Indonesia yang memiliki destinasi wisata menakjubkan. Salah satu destinasi wisata paling terkenal adalah Pulau Komodo yang sudah tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Saat ini Indonesia timur termasuk NTT, tengah gencar-gencarnya dikunjungi oleh wisatawan lokal. Kecantikan alamnya semakin terdengar dengan bantuan foto-foto lanskap cantik bertebaran di Instagram.

Nah kalau ada diantara Travellers yang lagi merencanakan liburan akhir tahun, berikut ini destinasi wisata di NTT yang wajib masuk ke holiday wish list kamu.

1. Pulau Komodo

Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu KunjungiDestinasi wisata di NTT yang pertama adalah Pulau Komodo. Sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Komodo.

Sejak tahun 2009, pulau ini sudah masuk ke dalam daftar New 7 Wonders dan menjadi situs warisan dunia.

Di pulau ini, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor.

Perjalanan ke Taman Nasional Komodo tergolong cukup panjang. Anda harus terlebih dahulu terbang ke Bandar Udara Komodo yang terletak di Labuan Bajo (LBJ) lalu menyewa kapal ke Taman Nasional Komodo.

2. Pulau Kanawa

Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu KunjungiDestinasi wisata di NTT yang satu ini dikelola oleh orang berkebangsaan Italia. Di pulau seluas 35 hektare ini sudah dibangun bungalow dibibir pantai dengan sebuah pelabuhan kecil didekatnya.

Salah satu keistimewaan dari Pulau Kanawa ini, yaitu pada sore hari air laut Pulau Kanawa akan perlahan-lahan surut. Hal ini membuat para wisatawan dengan mudah mengambil beberapa biota laut seperti bintang laut dan kepiting-kepiting kecil yang ada di pesisir pantainya.

Pulau yang terletak sekitar 15 kilometer atau sekitar 50 menit perjalanan dari Labuan Bajo ini dapat ditempuh dengan menggunakan perahu bermesin atau speed boat. Harga sewa kapal untuk sekali jalan yakni, Rp 250.000,-. Sedangkan untuk speed boat sendiri di harga Rp 60.000,- per orang nya.

3. Pulau Padar

Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu KunjungiPulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Karena keindahan alamnya pulau ini juga tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di sekitar pulau ini terdapat tiga pulau yang berdekatan. Biasanya para wisatawan melakukan trekking ke atas bukit untuk menikmati keindahan panorama alam dari atas. Birunya laut dan pemandangan pulau-pulau yang berbaris mampu “menghipnotis” mata Travellers.

Untuk menuju ke pulau ini Travellers bisa memulai perjalanan dari Kota Labuan Bajo. Dibutuhkan waktu sekitar 3.5 jam untuk mencapai pulau terluar di NTT ini.

4. Gili Laba

Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu KunjungiDestinasi wisata berikutnya adalah Gili Laba yang termasuk ke dalam gugusan Kepulauan Komodo. Hamparan padang savana nan luas dihiasi dengan birunya laut mempesona, membuat siapa saja yang berkunjung betah berlama-lama.

Pulau ini di bagi menjadi dua, yaitu Gili Laba dalam dan Gili Laba luar. Di pisahkan oleh selat kecil yang sering disebut dengan pintu surga, karena pemandangannya yang sangat indah.

Untuk menuju Gili Laba, Travellers bisa menyewa kapal dari Labuan Bajo, Flores, NTT atau menikmati sailing dari Lombok menuju Komodo dengan rute yang melewati Gili Laba.

5. Labuan Bajo

Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu Kunjungi

Labuan Bajo merupakan pelabuhan kecil yang menjadi pintu untuk wisatawan yang ingin bertandang ke Pulau Komodo. Setelah Pulau Komodo ditunjuk sebagai salah satu pemenang New 7 Wonders maka meningkat pula jumlah wisatawan di kawasan ini.

Di pelabuhan kecil ini kecantikan Nusa Tenggara Timur sudah tergambarkan sebagian. Salah satu daya tarik dari kawasan ini adalah banyaknya pulau kecil di sekitar yang bisa menjadi destinasi sebelum menuju ke Pulau Komodo.

Di kawasan ini, Traveller bisa lihat pemandangan bawah laut yang sangat memukau. Perairannya pun masih jernih dan alami jadi berbagai jenis terumbu karang serta ikan-ikan masih mudah untuk ditemukan.

Saat ini sudah banyak maskapai penerbangan yang menyediakan penerbangan direct (langsung) menuju Labuan Bajo.

6. Danau Kelimutu

Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu Kunjungi

sumber : thewondrous.com

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores. Lokasi gunung ini tepatnya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya.

Danau tersebut dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Kelimutu merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan kata “mutu” yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Akses ke kawasan ini yaitu dari Kota Kupang, menggunakan pesawat menuju kota Ende, di Pulau Flores, dengan waktu tempuh mencapai 40 menit. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan umum berupa mini bus, menuju Desa Kaonara, yang berjarak 93 km, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

7. Desa Wae Rebo

Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu Kunjungi

Desa Wae rebo merupakan sebuah kampung tradisional yang terletak di kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai. Kampung ini sangat terpencil dan berada di puncak gunung. Rumah penduduk di desa ini berbentuk kerucut yang merupakan rumah asli suku manggarai yang masih ada sampai sekarang.

Kampung wae rebo juga merupakan kampung bersejarah di Manggarai terbukti dari banyaknya mitos-mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Mungkin ini adalah alasan Desa Wae Rebo termasuk ke dalam daftar situs warisan budaya dunia yang di tetapkan UNESCO.

Untuk menuju ke Desa Wae Rebo perjalanan dimulai dari Labuan Bojo menuju Kota Ruteng melalui Desa Denge menggunakan jasa travel dengan biaya sekitar Rp. 100.000.

8. Goa Batu Cermin

Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu Kunjungi

Fosil penyu di Goa Batu Cermin – www.tripadvisor.com

Terletak di kawasan Labuan Bajo, destinasi wisata di NTT yang patut Anda kunjungi ini berjarak 4Km dari pelabuhan tersebut. Penemu goa ini adalah Theodore Verhoven, seorang pastor Belanda yang juga seorang arkeolog, pada 1951.

Dalam penelitiannya, Verhoven menyimpulkan bahwa Pulau Flores dulunya berada di dasar laut. Untuk mengetahui apa yang disimpulkan Verhoven, wisatawan akan dipandu memasuki goa sepanjang sekitar 200 meter. Verhoven menyimpulkan goa ini dulunya berada di bawah laut.

Hal tersebut berdasarkan temuan koral dan fosil satwa laut yang menempel di dinding goa. Yang paling terlihat adalah sebuah fosil kura-kura di dinding goa.

Untuk menuju goa, Anda harus berjalan kaki sekitar 300 meter menyusuri jalan setapak yang sudah diberi korn blok.

9. Pulau Alor

Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu Kunjungi

Selain memiliki keindahan alam yang dapat dilihat secara langsung didaratan dan dipantai, Pulau Alor juga memiliki keindahan Alam dibawah laut. Keindahan tersebut berupa ikan-ikan langka serta karang dan tumbuhan-tumbuhan laut yang begitu mempesona.

Di Alor terdapat beberapa titik selam yang keindahan alamnya menjadi buah bibir para wisatawan. Ada 18 titik selam yang biasa disebut dengan “Baruna’s Dive Sites at Alor”.

Selain objek wisata alam bawah laut, Alor juga memiliki wisata budaya yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Al-Quran tua dari kulit kayu yang ditulis dengan tinta tradisional. Usia dari Al-Quran ini diperkirakan lebih dari 800 tahun.

Untuk menuju kesini, wisatawan biasanya datang dari daerah Kupang dengan menaiki kapal feri. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah 12-13 ham menuju Larantuka. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik kapal kayu menuju pelabuhan lau Kalabahi di Kepulauan Alor.

10. Air Terjun Oehala

Destinasi Wisata di NTT Yang Wajib Kamu Kunjungi

Destinasi wisata di NTT yang terakhir adalah Air Terjun Oehala. Air terjun ini dikatakan sangat indah karena masih sangat alami, asri, sejuk dan bersih. Keunikan dari air terjun ini adalah air terjun ini memiliki tujuh tingkat. Dikelilingi dengan pepohonan yang cukup tinggi dan rindang yang menambah kesejukkan di tempat ini.

Banyak wisatawan yang datang untuk mandi atau sekedar berfoto maupun duduk menikmati keadaan alam disekitar air terjun.

Air terjun Oehala berjarak 10 km arah utara Kota Soe dan dapat ditempuh ± 15 menit dengan menggunakan kendaraan darat.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account