3 Destinasi Wisata Religi Untuk Mendalami Islam Sembari Ngabuburit

Velodrome – Wisata religi atau wisata halal di Indonesia tak kalah menarik dengan wisata lainnya. Selain karena nilai religinya, destinasi wisata religi di Indonesia juga tak kalah indah dan menyenangkan. Ditambah dengan hadirnya bulan Ramadhan ini dirasa tepat sekali untuk ikut memajukan wisata religi sekaligus mendalami islam.

Ada 3 kawasan yang punya potensi wisata religi saat ini yang bisa kamu kunjungi sebagai salah satu upaya mendalami agama Islam sekaligus ngabuburit.

Makam Wali Songgo

Makan Sunan Drajat

Wisata religi yang paling sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah mengunjungi makam wali dan juga tokoh pemuka agama Islam. Ada beberapa makam Wali Songo yang kebanyakan tersebar di Jawa akan selalu ramai dengan kedatangan pengunjung yang ingin mengirimkan doa. Meskipun sudah dilakukan oleh beberapa orang, Makam Wali Songo atau Makan tokoh Agaman Gusdur di Jombang yang baru-baru ini ramai perlu ditingkatkan lagi dengan promosi dan akses ke daerah tersebut.

Museum Islam

Berkunjung ke museum Islam juga menjadi salah satu pilihan wisata dalam rangka menyambut Ramadan. Anda bisa mendalami aspek sejarah Islam di Indonesia yang pastinya akan meningkatkan ilmu pengetahuan mengenai awal mula Islam masuk Indonesia dan kebudayaan Islam di Nusantara.

Museum Islam di Indonesia ada beberapa seperti Bayt Al-Qur’an & Museum Istiqlal di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Museum Al-Qur’an Al Akbar di Palembang dan Indonesian Islamic Art Museum di komplek Wisata Bahari Lamongan.

Serta ada juga Museum Islam Nusantara di komplek makam Gus Dur di Jombang tapi saat ini masih sedang dalam tahap pengerjaan. Jika upaya aktraksi berhasil dilakukan, bayangkan saja saat Anda mengunjungi museum-museum di negara Islam Timur Tengah yang ramai dikunjungi untuk menjadi salah satu bagian dari ibadah ilmu agama .

Arsitektur Masjid

Masjid Raya Sumatera Barat

Banyaknya masjid di Indonesia belum tentu memiliki daya tarik yang menawan. Apalagi Indonesia belum mempunyai kawasan dalam satu kota yang menjadi ikon kota masjid. Ketika arsitektur menjadi salah satu pertimbangan dalam membangun masjid, orang tidak hanya bisa beribadah saja tetapi bisa sekedar menikmati arsitektur yang mempesona dan sangat cocok diabadikan di dalam foto.

Di Indonesia, ada beberapa masjid yang memiliki arsitektur yang indah contohnya, Masjid Tiban di Turen, Malang, Masjid Raya Sumatera Barat di Padang, Masjid Al-Irsyad di Padalarang, Bandung atau Masjid Cheng Ho di Surabaya.

 

Editor : MP Jathia

1 Comment
  1. rendragraha sustrihardya 1 year ago

    Banyaknya masjid di Indonesia belum tentu memiliki daya tarik yang menawan. Apalagi Indonesia belum mempunyai kawasan dalam satu kota yang menjadi ikon kota masjid. Ketika arsitektur menjadi salah satu pertimbangan dalam membangun masjid, orang tidak hanya bisa beribadah saja tetapi bisa sekedar menikmati arsitektur yang mempesona dan sangat cocok diabadikan di dalam foto. Saya setuju sekali.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account