Diet di Bulan Ramadan, Kamu bisa Memilih Menu Makanan ini

Velodrome – Berpuasa memang menakjubkan manfaatnya. Tak hanya dinilai dari segi religi namun berpuasa dianggap sebagai pola diet yang baik untuk kesehatan tubuh. Sudah banyak ahli medis yang menilai bahwa organ tubuh akan dibersihkan dari racun dan hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan

Nah, diet di bulan Ramadan adalah suatu pilihan yang dilakukan beberapa kalangan. Motivasinya bukan untuk menguruskan badan dengan berpuasa tetapi menjadi momen untuk hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi menu menu makanan yang kaya akan gizi. Harapannya badan akan lebih segar sekaligus prima dengan berat yang proporsional.

Tubuh manusia akan selalu menyesuaikan dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jika banyak makanan dengan kadar berlebihan, fungsi organ tentu akan bekerja lebih keras, zat yang tersisa terlalu banyak, dan fungsi hati sebagai pengurai zat racun juga akan lebih berat. Selama berpuasa, tubuh akan menyesuaikan dengan pola makan yang baru.

Divertone merangkum 5 gizi dalam menu bahan makanan yang sekaligus akan menjadi tips diet sehatmu. Jika berhasil melakukannya selama satu bulan, Anda akan terbiasa pula dengan menu makanan tersebut. Tantangan terbesarnya adalah rasa impulsif ketika orang juga banyak mengkonsumsi berbagai jenis makanan ketika berbuka puasa.

Karbohidat Kompleks dan Serat

Image : http://diet.lovetoknow.com

Orang Indonesia terbiasa makan nasi sebagai asupan karbohidrat karena banyak ungkapan “jika belum makan nasi belum kenyang”. Padahal ajaran agama Islam pun menerapkan bahwa berhenti makan sebelum kenyang. Segala yang berlebihan juga tidak baik.

Maka, Karbohodihrat kompleks bisa dinikmati pada menu tajil seperti bubur kacang hijau atau makanan kacang-kacangan. Sesekali gantilah nasi dengan kentang yang lebih rendah glukosa. Selain itu serat bisa diperoleh dalam menu tajil seperti agar-agar dan sayuran agar proses metabolisme berjalan maksimal dan zat ekskresi bisa dikeluarkans ecara optimal.

Ikan

Image : Shutterstock

Daging merah seperti sapi dan ayam memang lebih disukai banyak orang. Namun, daging merah juga punya risiko jika terus-terusan dikonsumsi. Asupan protein dari daging bisa digantikan dengan daging ikan yang lebih kaya akan gizi yang kompleks.

Kamu bisa menikmati hidangan buka puasa dan sahur dengan ikan sebagai pengganti daging sapi dan ayam. Ikan memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibanding daging merah. Ikan yang dimasak dengan cara direbus atau panggang tidak punya kadar ikatan minyak yang bisa menjadi lemak dalam tubuh.

Nasi Merah

Menu nasi putih bisa digantikan dengan nasi merah yang punya serat tinggi dan kadar kalori yang rendah. Korbohidratnya pun cukup karena nasi merah termasuk gandum utuh. Nasi putih merupakan karbohidrat kompleks yang bisa dikonsumsi jika kamu belum bisa berpaling dari nasi putih.

Hindari Santan, No Gorengan

Santan membuat makanan menjadi lebih berat karena banyak mengandung lemak. Meskipun memberikan sensasi gurih di lidah, santan dapat menaikkan kadar kolesterol. Santan juga bisa menaikkan tekanan darah beserta gula darah dalam tubuh.

Sumber lemak dan kolesterol lainnya berasal dari gorengan. Hindari gorengan dengan tepung yang akan mengikat minyak lebih banyak. Jika kamu masih susah menolak gorengan, gantilah minyak yang digunakan untuk menggoreng tersebut dengan olive oil atau mentega. Meskipun rasanya akan lebih light, tetapi hal tersebut bisa mengontrol lemak dalam tubuh Anda.

No Fast Food, No Instant Food

Sudah banyak riset yang mengatakan bahwa makanan instant dan fast food tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak. Makanan instan seperti mie dan chicken nugget juga kadang menjadi menu praktis ketika sahur, padahal, menu tersebut akan banyak mengendapkan zat tertentu dalam tubuh yang tentu tidak akan baik bagi kesehatan.

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account