Emoji 5.0 Semakin Beragam dengan Wanita Berhijab

Emoji 5.0 Semakin Beragam dengan Wanita Berhijab

Velodrome – Akhir Maret lalu, lembaga non profit The Unicode Consortium sudah menerima 69 update terbaru untuk pembaruan emoji yang akan dikurasi ke dalam emoji 5.0. The Unicode Consortium adalah lembaga yang mengembangkan software dan data berstandar internasional.

Yang menarik dari update emoji 5.0 ini adalah kehadiran emoji wanita berhijab atau “woman with scarf” layaknya yang dimuat oleh emojipedia. Ada pula emoticon baru di kategori smiley, makanan dan minuman, bendera, dan gambar orang. Di dalamnya juga ada emoji karakter fantasi seperti zombie, mermaid, dan vampir.

Seperti yang sudah ada sebelumnya, di update terbarunya pun emoji masih memberikan pilihan warna kulit dan genre. Kalau sebelumnya hadirnya pilihan warna kulit ini menjadi sebuah perbincangan luas, kini kehadiran emoji wanita berhijab dan ibu sedang menyusui yang menjadi perhatian.

Emoji berhijab bisa hadir atas usul dari anak berusia 15 tahun bernama Rayouf Alhumedhi yang mendapat dukungan dari co-founder Reddit Alexis Ohanian. Kehadiran emoji ususlan Rayouf ini memang ditunggu-tunggu dan menambah excitement dari emoji lovers.

Emoji 5.0 Semakin Beragam dengan Wanita Berhijab

Image : emojipedia.org

Namun, selain menambah excited karena semakin banyak simbol emoji, the Unicode Consortium juga punya icon baru yang kontroversial. Bendera negara seperti skotlandia dan Inggris sudah dipisah lho. Padahal Skotlandia masih dalam proses referandum dengan Inggris, dan sepertinya menyiapkan untuk memisahkan diri dengan negara yang juga heboh dengan Brexit itu, Buset!!! Emoji bisa sampai se update ini ya.

Emoji yang menggambarkan aktivitas juga ada yang baru lho seperti mendaki dan mandi air panas atau sauna yang diusulkan oleh Menteri Luar Negeri Finlandia, dan masih banyak lagi update yang lain.

Terus kira-kira kapan ya emoji ini bisa kita gunakan? Setelah semua desain dan usulan diterima oleh The Unicode Consortium, nantinya mereka akan merilis update terbarunya itu kepada pengembang seperti Apple, Google, Microsoft, Facebook, dan Twitter. Selanjutnya terserah masing-masing pihak kapan rencananya akan menerapkan update tersebut.

Google dan Apple berencana akan merilis emoji 5.0 pada Bulan Oktober atau Desember 2017. Namun, setiap perusahaan dan pengembang memiliki potensi untuk mengubah atau memodifikasi emoji yang ada sesuai dengan standart dan keinginan masing-masing.

Hal ini mungkin terjadi, seperti yang dilakukan oleh Apple yang mengubah emoji pistol menjadi simbol pistol air. Ke-69 emoji ini nantinya akan melengkapi kurang lebih 2.000 emoji yang sudah ada. Untuk melihat secara lengkap apa saja ke-69 emoji anyar ini kamu bisa kunjungi emojipedia.org.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account