Review Enam Pilihan Kamera Terbaik Untuk Vloggers

Review Enam Pilihan Kamera Terbaik Untuk Vloggers

Velodrome – Maraknya Vloggers atau video blogger yang menjadi fenomena, mengiringi persaingan teknologi kamera terbaik dengan kualitas gambar dan fitur superlengkap. Karena kamera merupakan senjata utama para vlogger, pemilihan kamera pun harus dilakukan dengan sebaik mungkin.

Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini ada 6 kamera terbaik dirangkum dari beberapa opini para Youtuber dan Vlogger sehingga menjadi referensi yang baik untuk kalian yang sedang mencari kamera untuk vlogging. Let’s check them out!

Canon Powershot G7 X Mark II

Review 6 kamera terbaik untuk Vlog mu

Canon Powershot G7 x Mark II usa.canon.com

G7 X masih menjadi kamera terbaik untuk vlogging camera di tahun ini. Kamera ini adalah model mark 2 yang di release bulan Mei tahun 2016. Mark II hadir dengan lensa yang luar biasa, flip touchscreen, koneksi wifi, image quality yang baik dalam keadaan low light dan autofocus yang cepat dan akurat,

Selain fitur-fitur diatas, Mark II menambahkan fitur rubber grip di body kamera ini untuk membantu mu memegang kamera dengan lebih nyaman dan menambahkan grip yang kuat. Prosesornya pun cukup oke, dengan DIGIC 7 image processor maka kinerja prosesor semakin cepat.

Di dalam sektor autofokus telah di improve sehingga mampu menghasilkan kualitas gambar yang jernih dalam keadaan low light atau gelap.

Battery Management di Mark II terbilang oke, karena mampu bertahan hingga 265 shots. Untuk microphone port masih belum tersedia, namun inilah yang canon dapat berikan sejauh ini, sebuah kamera praktis yang dapat dibawa kemana-mana.

CAMERA HIGHLIGHTS :

  1. Lensa dengan kualitas tinggi dengen beberapa fitur zoom.
  2. Performance yang baik di dalam keadaan Low – Light.
  3. Handling grip nyaman.
  4. Prosesor cepat dan Baterai tahan lama.

HARGA : 7,7 juta rupiah

Panasonic LX 10

Review 6 kamera terbaik untuk Vlog mu

Panasonic LX 10 Panasonic banyak mendapat perhatian para vloggers. Mereka telah membuat kamera mini yang mampu bersaing dengan Sony dan Canon, namun LX 10 dipilih oleh para vloggers karena beberapa alasan tertentu.

Kamera ini merupakan salah satu kamera termurah yang mampu merekam video dalam kualitas 4K. Tidak mudah overheating seperti beberapa kamera 4k lainnya (Contoh : Sony RX 100 ). Berteknologi flip touchscreen, autofocus tidak se-noisy Canon G7X, namun LX 10 menangkap fokus lebih cepat dari G7x.

Sayangnya dari segi image stabilizer, G7X Mark II masih memenangkan kompetisi. Begitu juga untuk aperture kamera yang tidak sebaik Canon dalam bermain di dalam low light. LX 10 jauh lebih unggul dibandingkan dengan G7X di segi kualitas suara rekaman. Rekaman clip video 4K  nya pun cukup fantastis dan dapat dilakukan dalam 15 menit tanpa ada gangguan.

Terlepas dari beberapa plus dan minus dengan kompetitornya, Panasonic LX 10 mempunyai performa yang baik untuk sebuah compact camera.

Kamera ini adalah pilihan yang baik buat kamu yang ingin video dengan high definition dan Warna yang lebih baik.

CAMERA HIGHLIGHTS :

  1. 4K video quality dengan harga yang terjangkau.
  2. Lensa dengan kualitas tinggi.
  3. Performa low-light yang cukup baik.
  4. Warna yang cukup realistis.

HARGA : 8,6 juta rupiah

Canon EOS 5D Mark III

Review 6 kamera terbaik untuk Vlog mu

Canon EOS 5D Mark III usa.canon.com

Kamera ini bisa dikatakan sebagai kamera DSLR terbaik saat ini. Kamera ini jauh lebih baik dibandingkan dua kamera diatas. Bagi kalian yang ingin videonya goes to the next level, maka EOS 5d Mark III adalah jawabannya.

Ini adalah full frame camera, kamu tidak akan bergantung kepada seberapa banyak wide angle di dalam rekaman mu. Dalam hal ini berarti kamu dapat merekam video yang terlihat sangat natural di mata. Karena pandangan kita tidak dirusak oleh perspektif distorsi dari kamera wide angle. 5D Mark III juga cukup handal dalam rekaman video low-light.

Banyak para profesional yang memakai kamera ini. Karena EOS 5d Mark III ini ditujukan bagi kamu yang ingin memiliki channel youtube dengan kualitas gambar yang cukup tinggi, sehingga memiliki impact yang baik bagi para viewer nya.

Beberapa kekurangan yang bisa kita dapati pada kamera ini adalah layar yang tidak articulation screen, tidak memiliki teknologi WIFI dan NFC. Mungkin karena ketika kamera ini rilis di era yang belum memakai WIFI dan NFC,terlebih dengan beberapa DSLR pesaingnya. Dan dia juga tidak mempunyai fitur 4K recording as well.

Akan tetapi, setelah beberapa tahun kemudian, tidak ada successor sebaik 5d mark III, sehingga kamera ini pun masih menjadi kamera DSLR terbaik dengan konsumer terbanyak dari Canon.

CAMERA HIGHLIGHTS :

  1. Umur Baterai yang cukup tahan lama, kualitas dengan performa maksimal secara keseluruhan.
  2. Bukan tipikal kamera yang mengecewakan, bahkan untuk seorang professional.
  3. Kamera Full Frame terbaik untuk Film Indie.
  4. Pilihan lensa yang cukup banyak dan bervariatif.

HARGA : 33,5 juta rupiah (body only)

Canon EOS 80 D

Review 6 kamera terbaik untuk Vlog mu

Canon EOS 80 D usa.canon.com

Setelah 3 tahun rilis, EOS 70d  adalah successor dari kamera jebolan Canon di tahun ini. Hanya beberapa kamera DSLR yang banyak dipilih orang untuk kebutuhan video dan EOS 80 D adalah salah satunya, kenapa?

EOS 80 D tidak hanya memiliki fitur sistem autofocus tercepat dan akurat, namun juga memiliki average battery life (960 shots).

DSLR ini dilengkapi juga oleh beberapa fitur menarik untuk membantu mempermudah pembuatan vlogmu. Dengan fitur WIFI kamu dapat langsung mengunggah videomu. Termasuk video snapshots mode dan focus mode yang dapat kamu atur melalui touchscreen.

Canon EOS 80 D juga dilengkapi dengan flip touchscreen, seperti yang bisa kita temukan di successornya 70d.

beberapa fitur tambahan yang cukup menarik adalah:

  • Slow Motion.
  • Fitur Time Lapse.
  • Headphones Port.
  • 100% coverage viewfinder.
  • Battery Life yang sudah di improved.

Dengan kamera ini, kamu masih dapat value dan fitur yang lebih banyak dengan harga yang tidak terlalu mahal seperti EOS 5D Mark III.

CAMERA HIGHLIGHTS :

  1. Harga yang baik dengan kualitas yang baik.
  2. Autofocus yang dapat diandalkan dengan harga yang baik.
  3. DSLR yang memang dibuat khusus untuk video.
  4. Pilihan lensa yang cukup banyak dan bervariatif.

HARGA : 14,2 juta rupiah (Body Only)

Canon EOS Rebel T6i (750d)

Review 6 kamera terbaik untuk vlog mu

Canon EOS Rebel T6i (750d) usa.canon.com

Canon EOS Rebel banyak dipakai oleh Youtubers dalam beberapa tahun terakhir terutama mereka yang memiliki channel makeup. Alasannya karena harganya yang terjangkau, dan memiliki kualitas video yang lebih baik dibandingkan DSLR dengan harga serupa.

Kalau budget kamu nggak cukup untuk beli EOS 80 D, kamu bisa membeli EOS Rebel ini untuk vlogging. EOS Rebel mengeluarkan 2 tipe, T6i dan T5i. Secara kualitas keduanya cukup bagus untuk membuat video.

Walaupun kamera yang satu ini tidak mempunyai autofocus yang seresponsif seperti 80 D, namun untuk urusan gambar kualitas tinggi serta professional video look, kedua EOS Rebel ini mumpuni.

Permasalahannya mungkin di Battery life  yang cukup rendah (kurang lebih sekitar 440 shots). Namun dengan harga yang terjangkau ditambah kualitas gambar dan fitur yang lengkap (terutama EOS T6i), kedua kamera ini bisa menjadi pilihan bervideo blogging.

CAMERA HIGHLIGHTS :

  1. DSLR yang baik untuk pemula.
  2. Dibuat untuk semi profesional dengan low budget.
  3. Screen yang dapat dilipat dan memiliki teknologi autofocus.
  4. Pilihan lensa yang banyak dan variatif.

HARGA : 10-11 juta rupiah 

SONY A7RII

Review 6 kamera terbaik untuk vlog mu

Sony A7RII sonyalpharumours.com

Kalau ada kamera yang mampu “mengalahkan” the classic EOS 5D Mark III, kamera itu adalah kamera mirorrless terbaru Sony yaitu Sony A7RII . Statement tersebut memang terdengar cukup berat, tetapi wacana ini muncul dari penjelasan tentang fitur kamera dibawah ini.

Terlepas menjadi baik atau buruk, kamera ini terasa seperti “ada” sebelum dan sesudah industri.

Selain produk terbaru, kamera ini juga merupakan improvement dari beberapa aspek Canon EOS 5D Mark III. Dengan price range yang sama, kamera ini sudah mampu merekam gambar berkualitas 4K.

Selain itu, sensor serta autofocus Sony A7RII juga lebih baik, ditambah teknologi 5 Axis Image Stabilization System (bye-bye lensa denga Image Stabilizer), WIFI, NFC, Full Frame, dan bentuknya jauh lebih kecil daripada EOS 5D Mark III.

Kekurangannya? EOS 5 D Mark III mampu bertahan di 950 shots, sedangkan Sony A7RII  hanya mampu bertahan di 340 Shots.

Sony A7RII adalah salah satu  kamera dengan level teratas yang dapat kamu beli di tahun 2017 ini. Walaupun battery life nya sangat lemah untuk kamera dengan harga tinggi, kita harus tau bahwa kamera ini adalah kamera jenis mirrorless yang kecil dan praktis untuk dibawa kemana-mana dibandingkan EOS 5 D Mark III.

Untuk menangani kekurangan tersebut kamu bisa membeli extra baterai. That’s why kenapa banyak beberapa online store yang menjual dengan paketan bundling, seperti amazon menjual kamera ini dengan special bundles, yang meliputi : Tas kamera, 2 extra batteries, 1 extra charger, memory, dan tripod. Dimana harga bundling ini sama harganya dengan membeli kamera ini (Body Only).

CAMERA HIGHLIGHTS :

  1. Small Full Frame Camera.
  2. Video 4K.
  3. Tidak Banyak “envy” ke EOS 5D Mark III.
  4. Dapat menggunakan lensa Canon tanpa harus menggunakan adapter.

HARGA : 39 juta rupiah (body only)

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account