‘Eta Terangkanlah’ Jadi Viral Begini Kisahnya

Velodrome – Setelah heboh dengan ‘Om Telolet Om’, kini dunia maya Indonesia kembali dihebohkan dengan kalimat ‘Eta Terangkanlah’. Kata ‘Eta Terangkanlah’ menjadi sering dipakai netizen atau warganet dalam berbagai unggahan.

Frasa ‘Eta Terangkanlah’ itu sebenarnya berasal dari sebuah unggahan berbahasa Sunda yang sebenarnya diambil dari lagu karya Opick ‘Khusnul Khatimah’ yang terdapat dalam album ‘Ya Rahman’ yang rilis pada tahun 2008.

Lalu mengapa kata ‘Eta Terangkanlah’ bisa menjadi viral di media sosial  ? Sebenarnya berawal dari adanya sebuah unggahan di Youtube yang menampilkan seorang pria berjoget dengan latar belakang lagu berbahasa Sunda menyanyikan lagu ‘Khusnul Khotimah’.

Dalam video parodi itu, lirik lagu dinyanyikan oleh tiga orang pria dalam bahasa Sunda yang belum bisa dipastikan identitasnya. Berbagi tugas, satu orang menyanyikan lagu, satu orang menciptakan musik dengan suara mulut dan satu lagi sebagai penggembira sambil berjoget.

Video itu diunggah pertama kali ke YouTube oleh akun The Bokers Gaming pada 11 Juni 2017. Begini kira-kira liriknya :

“Hiji dua hiji dua tilu/Eta terangkanlah, eta terangkanlah/ Eta jiwa yang berkabut/ Eta yang penuh dosa/ Ampunilah, ampunilah/ Ampunilah zikiri disa mas Toko”.

Setelah versi itu muncul, kemudian bermunculan juga versi lain lagi yang tak kalah menjadi viral, seperti very boyband Korea BTS, versi Upin Ipin hingga versi tokoh kartun Spongebob. Secara harfiah kata ‘eta’ berarti ‘itu’ atau kata petunjuk sesuatu dalam keseharian bahasa Sunda, yaitu semacam kata bantu penguat kata kerja di depannya.

Apakah ‘Eta Terangkanlah’ bisa  menjadi sebesar ‘Despacito’ dari Puerto Rico ? Kita lihat saja..

 

2 Comments
  1. Anselmo 4 months ago

    asheeeek… kepatil

  2. taufik nugraha 4 months ago

    eta terangkanlah

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account