Geeks Issue : Benarkah Facebook Garap Ponsel Modular?

Facebook

Velodrome – Facebook tengah dikabarkan kembali mengerjakan sebuah smartphone. Beberapa waktu sebelumnya perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini pernah dirumorkan akan membuat sebuah smartphone, namun sampai sekarang masih belum ada buktinya.

Alih-alih meluncurkan smartphone, Facebook malah merilis sebuah aplikasi untuk Android bernama Home. Dan baru-baru ini rumor tersebut kembali merebak luas. Sumber utama beredarnya kembali dugaan jika Facebook tengah mengerjakan perangkat ini lantaran beredarnya hak paten yang diajukan perusahaan itu minggu lalu.

Kabarnya Facebook tengah mengajukan hak paten mengenai perangkat keras modular yang memiliki speaker kamera, mikrofon, layar sentuh, display. Tapi bukankah itu merupakan ciri-ciri dari smartphone? Jika dilihat dari deskripsinya, sepertinya perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California, Amerika Serikat ini memang tengah mematenkan desain ponsel modular atau bongkar pasang.

Facebook

Ilustrasi Ponsel Modular
Image by Tekno

Penggunan ponsel modular ini memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengganti komponen-komponen yang berbeda secara mandiri. “Seorang pengguna dapat mengubah fungsi perangkat elektromagnetis modular berdasarkan modul dengan fungsional berbeda yang terhubung,” ringkasan dari pengajuan hak paten yang bocor.

Terkait hal tersebut, perusahaan milik Zuch ini telah berulang kali menolak untuk berkomentar. Saat ini Facebook ditengarai memiliki tim perangkat keras yang dipimpin oleh Regina Dugan. Ia merupakan mantan Direktur Defense Advanced Research Project Agency, yaitu sebuah badan milik AS yang bertugas untuk mengidentifikasikan dan mendanai proyek teknologi canggih di Google dan  proyek Ara.

Baca Juga : Augmented Reality Diprediksi Akan Gantikan Smartphone Dalam 5 Tahun

Namun mereka memilih untuk menyerah pada proyek Ara tahun lalu. Proyek Ara merupakan proyek pengembangan ponsel modular. Selain Regina Dugan, sekarang ini sejumlah orang yang dahulu mengembangkan Projeck Ara di Google sekarang sudah bekerja di Facebook.

Maka hal tersebut semakin menguatkan dugaan jika Facebook tengah mengerjakan proyek ponsel modular. Selain itu dalam proposal hak paten yang beredar itu juga disebutkan jika perangkat tersebut bisa berupa speaker musk seperti milik Amazon, yakni Alexa.

Namun hal ini masih berupa dugaan saja, masih belum bisa dipastikan apakah gadget yang diajukan dalam proposal hak paten tersebut merupakan ponsel atau justru perangkat rumahan.

Sumber: taipeitimes.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account