Facebook Kembangkan Helikopter Mini untuk Tebar Sinyal Internet

Facebook

Velodrome – Dua tahun yang lalu, Facebook sukses mengembangkan sebuah pesawat bertenaga panel surya untuk membantu akses internet. Sekarang, perusahaan raksasa milik Mark Zuckerberk ini tengah membangun pesawat lain untuk menyebarkan sinyal internet, dan kali ini dalam bentuk helikopter.

Kali ini perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat ini membuat helikopter berukuran kecil yang digunakan untuk menebar internet, khususnya di wilayah tertentu yang berada di dalam situasi darurat. Dan helikopter proyek FB ini diberi nama dengan Tether-tenna.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mark Zuckerberg saat menghadiri konferensi F8. Dan pendiiri Facebook itu menyebutkan helikopter penebar sinyal ini bakalan bisa dipergunakan sampai berbulan-bulan dalam kasus darurat.

Facebook

Ilustrasi Helikopter Facebook
Image by diyphotography.net

Misalnya saja sebuah daerah terkena bencara longsor, banjir atau lain sebagainya dan helikopter itu sebagai solusi jaringan internet yang putus. Dan untuk kejadian-kejadian tak terduga inilah, pihak Facebook mengembangkan helikopter penebar sinyal ini.

“Ini adalah helikopter kecil yang ditambatkan ke jalur fiber optic dan memiliki listrik” kata pihak Director Connectivity Program Facebook Yael Maguire, dilansir di foxnews.com.

Dengan kata lain, helikopter mini ini tidak bisa bekerja sendiri. Seperti yang disebutkan oleh pihak Facebook sebelumnya, helikopter ini bisa digunakan untuk wilayah darurat yang masih memiliki listrik dan kabel serat optic saja.

Baca Juga : Mark Zuckerberg, Sosok Yang Menginspirasi Generasi Millenial

Sampai saat ini, Tether-tenna ini masih dikembangkan oleh Facebook. Dan belum ada konfirmasi yang jelas apakah perusahaan yang berdiri sejak tahun 2004 ini akan memproduksinya dalam jumlah yang besar dipakai sendiri ataupun digunkan untuk bekerja sama.

Pihak Facebook menyebutkan sudah berhasil melakukan uji coba dalam 24 jam beroperasi untuk menebarkan sinyal internet. Namun, helikopter ini akan terus dikembangkan agar  bisa digunakan untuk situasi yang lebih nyata.

Maguire menyebutkan jika di dunia nyata akan banyak sekali tantangannya, contohnya saja kondisi angin ataupun juga cuaca yang tidak menentu. Dan masalah lainnya adalah keamanan, pasalnya helikopter penebar sinyal ini membutuhkan energi listrik bertegangan tinggi untuk bisa beroperasi. Dan tekhnologi ini seakan menambah daftar inovasi yang dibuat oleh Facebook yang sebelumnya juga mengembangkan drone dengan tujuan yang sama.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account