Facebook Perkenalkan Disaster Map untuk Tanggulangi Bencana

Disaster Map

Velodrome – Dalam rangka untuk mengumpulkan informasi yang lebih cepat mengenai terjadinya bencana atau krisis, pada Rabu waktu setempat, Facebook merilis sebuah fitur yang diberi nama dengan Disaster Map atau peta bencana. Seperti namanya, fitur baru yang dikeluarkan oleh Facebook ini akan fokus untuk penyelamatan atau upaya penanganan bencana di dunia.

Perusahaan yang berada di bawah pimpinan Mark Zuckerberg ini telah bekerjasama dengan organisasi-organisasi kemanusiaan seperti halnya UNICEF, Federation of Red Cross and Red Crescent Societies, dan lain sebagainya untuk mendapatkan umpan balik mengenai data yang sering digunakan berkaitan dengan penanganan bencana.

Disaster Map ini bertujuan untuk membantu organisasi-organisasi bantuan kemanusiaan dalam menyelamatkan para korban bencana kondisi darurat yang lebih cepat dan tanggap. Data yang digunakan untuk membuat peta ini dibagi menjadi berkala.

Pelacakan informasi ini diharapkan bisa menyuguhkan berbagai sumber daya alam lebih cepat seperti halnya makanan, air dan juga arahan untuk bisa selamat.  Diharapkan akan semakin banyak orang yang bisa selamat dan terhindar dari bencana.

Mark Zuckerberg menyebutkan jika saat terjadi bencana, sebut saja banjir, gempa bumi, kebakaran, ataupun juga bencana yang lainnya, organisasi-organisasi tanggap darurat akan memerlukan informasi yang akurat mengenai dimana orang-orang tengah berada demi menyelamatkan mereka.

Baca Juga : Aplikasi Pendeteksi Tanah Longsor berbasis Android karya anak Bangsa

Disaster Map ini akan sangat penting dan berguna saat berbagai alat komunikasi tradisional seperti halnya telepon terputus. Zuckerberg menyebutkan jika peta baru yang dikeluarkan oleh Facebook ini agar membantu menciptakan komunitas yang aman dan pihaknya berjanji akan terus berinovasi menawarkan berbagai fitur kemanusiaan dan keamanan.

Dalam upaya meningkatkan keamanan para pengguna ataupun manusia di dunia, bukan kali ini saja Facebook meluncurkan fitur keselamatan. Sebelumnya Facebook juga di tahun 2014 yang lalu telah meluncurkan The Safety Check Tool yang menyediakan data penting mengenai bencana alam dan juga serangannya. Fitur tersebut sudah digunakan secara global, termasuk juga di Amerika.

Semoga semakin banyak saja fitur-fitur serupa kedepannya. Tidak Facebook saja melainkan perusahaan yang lainnya agar bisa turut serta membuat penanggulangan bencana makin mudah dengan berbagai kecanggihan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account