Facebook Rencanakan Untuk Terkoneksi Langsung ke Otak Manusia

Facebook

Velodrome – Facebook makin agresif saja dalam mengembangkan fitur-fitur milik mereka, hal ini terlihat dari pernyataan Regina Dugan yang menjalankan divisi rahasia hardware milik facebook di gedung 8.

Ia menyatakan bahwa bagaimana jika seandainya Anda mampu mengetik dengan menggunakan otak anda? Sebagaimana dirilis dari morningstar.com, Rabu (19/04/2017). Gedung 8 merupakan sebuah divisi yang baru didirikan tahun lalu dan berfokus untuk mengerjakan penelitian “brain-computer interface”.

“Jika teknologi ini benar-benar terealisasi, maka teknologi ini akan memudahkan Anda untuk mengetik 100 kata hanya dalam 1 menit, tentunya jauh lebih cepat 5x lipat dari pada mengetik dengan smartphone Anda”, tambah Dugan pada sebuah konferensi di San Jose, Calif.

Facebook

Regina Dugan
Image by MIT Technology Review

“Selain itu Gedung 8 juga sedang mengerjakan sebuah penelitian teknologi terbaru yang memungkinkan manusia untuk mendengar dengan kulit mereka”, Dugan menambahkan. Gedung 8 merupakan tim pengembangan yang membuat terobosan jauh melebihi perkiraan para pengembang saat ini, penelitian mereka jauh lebih maju dibandingkan Augmented Reality dan Virtual Reality.

Facebook memutuskan untuk membajak Dugan dari Alphabet Inc. pada tahun lalu, ia pun diberikan mandat untuk mengembangkan sebuah teknologi yang ia namakan dengan “audacious science”.

Baca Juga : Mengintip Kesibukan Mark Zuckerberg Membuat Jarvis

Dilain pihak Elon Musk yang merupakan seorang Miliyuner sekaligus pemilik perusahaan Neuralink Corp., baru saja menelurkan sebuah ide agar manusia mampu melakukan proses pengunduhan dan pengunggahan data melalui sebuah implan yang ditanam pada otak manusia.

Kembali pada pembahasan awal, Dugan pun menyatakan bahwa teknologi yang ia kembangkan ini bukan sekedar mengincar keuntungan belaka, namun juga bertujuan agar dapat membantu banyak orang, misalnya saja para tunawicara yang kesulitan berkomunikasi dalam kehidupan sosialnya.

Facebook

A Woman with ALS
Image by The Verge

Selain itu ia pun menunjukkan sebuah video yang menampilkan seorang wanita penderita amyotrophic lateral sclerosis, atau biasa dikenal degan nama Lou Gehrig’s disease or ALS. Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Stanford University, ia menunjukkan kemampuannya untuk mengetik langsung menggunakan sensor otaknya dengan perlahan.

Dugan pun menambahkan jika teknologi ini masih bisa dikembangkan penggunaannya secara lebih luas, misalnya saja dengan teknologi ini Anda akan dapat merespon pesan teks dan email yang masuk tanpa melihatnya karena Anda telah mengetahui isi pesannya lewat otak Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana teknologi berevolusi dan apa yang harus dipersiapkan menghadapi segala kemajuan tersebut, ikuti konferensi COMSNETS yang akan diadakan pada tanggal 15 -16 Mei 2017 di Hotel Fairmont, Jakarta.

[button link=”https://www.comsnets.id/booking-ticket/” size=”large” icon=”fa-rocket” side=”left” target=”blank” color=”b70900″ textcolor=”ffffff”]DAFTAR COMSNETS[/button]

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account