Enam Fakta Hot Wheels Yang Harus Kamu Ketahui

Enam Fakta Hot Wheels Yang Harus Kamu Ketahui

Velodrome – Siapa sih yang tidak kenal dengan Hot Wheels (HW)? Mobil-mobilan ini pasti sangat sering kamu temui di mana-mana, mulai dari toko mainan, toko buku, mini market, supermarket, bahkan di dalam cemilan favorit sebagai hadiah.

HW diproduksi dan diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan mainan asal Amerika bernama Mattel pada tahun 1968. Pada umumnya, mainan ini merupakan replika dari mobil asli dengan skala 1:64, 1:43, 1:18 ataupun 1:50.

Walaupun demikian, tidak jarang juga loh HW mengeluarkan mobil-mobilan hasil karya imajiner atau mobil khayalan semata. Berikut merupakan serba-serbi mengenai HW yang patut untuk kamu simak.

Katalog Tahunan Hot Wheels

Sumber : i.ytimg.com

Sumber : i.ytimg.com

HW akan selalu merilis mobil mainan yang berbeda-beda tiap tahunnya. Namun, kamu tidak akan dapat menemukan dua mobil HW dari tahun berbeda yang sama persis. Akan selalu ada sedikit perbedaan, baik itu pada warna cat ataupun jenis ban yang digunakan.

Saking banyaknya model-model mobil mainan ini, HW memutuskan untuk selalu merilis katalog tahunan yang berisikan model-model mobil mainan HW yang terbagi berdasarkan kategorinya.

Kategori Hot Wheels ini belum tentu sama tiap tahunnya. Yang pasti, tiap kategori memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Berikut merupakan beberapa contoh kategori Hot Wheels dari tahun 2016:

  • HW Rescue, kategori mobil yang tidak memiliki rasa takut dan cepat merespon dalam menyelamatkan keadaan.
  • HW Race Team, kategori mobil yang terinspirasi dari mobil balap.
  • X-Raycers, kategori mobil yang sangat cepat saat berjalan di atas lintasan balap, dll.

Mengoleksi HW

Sumber : thumbs4.picclick.com

Sumber : thumbs4.picclick.com

Kini mainan ini telah banyak dikoleksi, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Harga mobil mini yang umumnya berkisar dua puluhan ribu rupiah bisa segera meroket hingga ratusan ribu hingga jutaan rupiah apabila model mobil tersebut sudah tidak diproduksi dan tidak lagi dipasarkan.

Ya, memang tidak semua model mobil mini ini bisa dikoleksi. Hanya model-model tertentu yang dianggap langka atau unik saja yang biasanya menjadi incaran para kolektor. Berikut merupakan tipe model mobil yang dianggap langka atau unik:

Hot Wheels Limited Edition yang dirilis dalam moment tertentu

Sumber : 2.bp.blogspot.com

Sumber : 2.bp.blogspot.com

Contohnya adalah Hot Wheels 2011 Dan Wheldon. Mobil satu ini dianggap spesial karena dirilis untuk memperingati tewasnya pembalap Dan Wheldon. Selain itu, mobil ini juga dianggap unik karena tidak seperti Hot Wheels pada umumnya yang memiliki plastik, mobil ini justru memiliki ban karet layaknya mobil asli.

Hot Wheels dengan kesalahan/cacat produksi

Sumber : Majalah Sunday

Sumber : Majalah Sunday

Cacat produksi Hot Wheels seperti tidak ada tulisan, gambar, kaca, ban ataupun cacat produksi lainnya memang jarang terjadi. Lucunya, kecacatan produksi ini justru bukan membuat para kolektor enggan membelinya, tapi malah membuat mereka berlomba-lomba untuk memburunya karena dianggap unik.

Hot Wheels Treasure Hunt

Sumber : hwcollectorsnews.com

Sumber : hwcollectorsnews.com

Nah, ini nih yang kabarnya membuat tren mengoleksi Hot Wheels. Pada tahun 1995, Hot Wheels mulai memproduksi seri Treasure Hunt (T-Hunt) yang hanya berjumlah 10.000 unit di seluruh dunia. Sejak saat itu, jumlah Hot Wheels seri Treasure Hunt terus meningkat karena meningkatnya permintaan akan seri tersebut.

Hot Wheels seri Treasure Hunt dapat dibedakan dari label yang terdapat pada kemasannya. Label ini berbeda-beda tiap tahunnya, ada yang ditandai dengan garis hijau bertuliskan “Treasure Hunt” atau “T-Hunt” atau gambar kotak harta karun di kemasannya. Sejak tahun 2013, seri Treasure Hunt dapat dikenali dengan adanya logo lingkaran lidah api khas Hot Wheels pada badan mobilnya.

Hot Wheels Super Treasure Hunt

Sumber : 4.bp.blogspot.com

Sumber : 4.bp.blogspot.com

Hot Wheels Super Treasure Hunt sedikit berbeda dengan Treasure Hunt biasa. Ban pada Super Treasure Hut atau TH$ terbuat dari karet dan menggunakan cat doff atau glossy yang lebih gelap. Rims atau velk roda yang digunakan pun juga berbeda, terlihat lebih realistik dan cantik.

Tentunya Super Treasure Hunt menjadi incaran yang lebih berharga bagi para peminatnya. Pada tahun 2016, Hot Wheels memiliki 30 kategori dengan total 250 jenis mobil dalam katalognya. Dari ke 250 jenis mobil tersebut, diantaranya terdapat 50 mobil dengan model baru, 15 mobil Treasure Hunts dan 15 mobil Super Treasure Hunts.

Baca Juga : 6 Tips Untuk Berburu Action Figure

Selain itu, di Indonesia sendiri mulai banyak muncul event-event bertemakan koleksi termasuk Hot Wheels, contohnya seperti Colony Collection Market: Toys & Game  yang akan diadakan pada 3 – 4 Desember 2016 nanti di Jakarta Convention Center (JCC). Ya, acara ini adalah kesempatan baik untuk berburu banyak Hot Wheels incaran kamu.

Di acara tahunan yang diselenggarakan oleh Colony ini, kamu juga dapat bertemu dengan tokoh-tokoh ikonik di dunia toys & games, mengikuti berbagai kegiatan seru seperti kompetisi cosplay, rare item auction, games virtual reality dan juga mencoba motion sensor yang sedang hits.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Colony Collection Market.

Sumber Artikel : colony.co.id

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account