Perkenalkan, Fidget Spinner Mainan yang Lagi Booming di Dunia

Fidget Spinner

Velodrome – Fidget Spinner adalah gadget yang akhir-akhir ini menyita perhatian para netizen. Ia bukan smartphone ataupun smartwatch melainkan sebuah permainan yang dijalankan secara sederhana dengan memanfaatkan jari tangan.

Tujuan utama diciptakannya mainan ini adalah untuk mengurangi kegelisahan. Bagi Anda yang selama ini sering  menggigit kuku, mainan sederhana ini mungkin bisa jadi jalan keluarnya. Fidget Spinner ini pertama kali dipatenkan oleh Catherine A Hettinger di tahun 1997 di Amerika Serikat. Tetapi, hak paten tersebut telah kadaluarsa dan banyak perusahaan mengembangkan permaianan yang menyerupai baling-baling tersebut.

Dan di tahun 2017 ini, sepertinya adalah masa kejayaan dari Fidget Spinner. Dan hal ini terbukti dari banyaknya orang yang memainkan gadget yang begitu unik ini. Di luar negeri, mainan ini sudah lama digemari namun hanya baru-baru ini saja di Indonesia orang mulai mengenalnya.

Fidget Spinner

Image by all3dp.com

Fidget Spinner ini terbuat dari plastik dan beberapa bahan lainnya yang memliki tiga cabang yang ada lubangnya. Para pengguna bisa memutarnya hanya dengan menggunakan jari dan memegang bagian tengah dengan memanfaatkan jari-jari tangan saja.

Semakin lama berputar, akan menimbulkan visual efek yang cantik dan menghadirkan kepuasan tersendiri untuk para pemainnya. Maianan kecil ini diklaim mampu mengurangi kecemasan berlebih pada seseorang. Tidak hanya itu saja, ada pula yang menyebutkan jika Fidget Spinner ini juga mampu membuat penggunanya berkonsentrasi dengan mudah dan cepat.

Bahkan, Rachel Andrew, Direktur Time Psychology menyebutkan bahwa permaianan ini bisa membantu para penderita yang mengalami gangguan psikologis sepetri halnya kecemasan, kesulitan untuk fokus, dan gangguan mental lainnya.

Baca Juga : Mainan Tahun 90an, Nostalgia Indahnya Masa Kanak-Kanak

Meski begitu, terdapat pro dan kontra mengenai manfaat dari Fidget Spinner ini. Ada peneliti yang menyebutkan jika permainan ini tidak lebih sebagai pelarian saja. Bahkan, di beberapa sekolah yang terdapat di Amerika Serikat sudah mulai melarang permainan satu ini.

Hal ini lantaran suaranya yang bising dan mengganggu konsentrasi belajar siswa yang lainya. Oleh sebab itulah, belakangan mulai bermunculan sekolah-sekolah yang melarang siswanya membawa Fidget Spinner ini. Nah, apakah Anda tertarik untuk memainkan Fidget Spinner ini?

Sumber: bbc.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account