Suka Film Bergenre Horor, Film Danur Wajib Kamu Tonton

Suka Film Bergenre Horor, Film Danur Wajib Kamu Tonton

Velodrome – Film horor berjudul “Danur” sudah bisa ditonton di bioskop-bioskop Indonesia sejak akhir Maret lalu. Namun, tahukah kamu bahwa film itu diadaptasi dari kisah nyata. Yes, seseorang bisa saja bersahabat dengan Hantu.

Setidaknya itulah yang diungkapkan seniman dan juga penulis Risa Saraswati. Risa adalah seorang indigo yang bisa melihat makhluk astral yang tak kasat mata sejak kecil.

Film yang disutradari oleh Awi Suryadi ini memang mengadaptasi novel karya Risa Saraswati yang berjudul sama, Danur. Novel tersebut bercerita tentang pengalaman pribadi sang penulis yang penuh dengan hal gaib.

Risa Saraswati sendiri memang identik dengan hal-hal yang mistis termasuk penampilannya di atas panggung ketika tampil bersama bandnya, Sarasvati.

Untuk memastikan ceritanya bisa membawa penonton dalam suasana horor, Risa juga ikut serta dalam menulis naskah film bersama Lele Laila dan Ferry Lesmana. Pada intinya, sinopsis film ini mengisahkan seorang gadis kecil bernama Risa (Risa dewasa diperankan oleh Prilly Latuconsina) yang meminta teman baru di hari ulang tahunnya saat ia menginjak usia 8 tahun.

Ia membutuhkan teman agar tak lagi kesepian. Risa berdoa meminta teman dan saat itu Peter, William, Hans, Hendrik, dan Jensen datang. Sejak itulah, Elly (Kinaryosih), ibu Risa sering mendapati anaknya tertawa sendiri dan seolah sedang bermain dengan banyak teman.

Suatu ketika, Risa pun tersadar bahwa sosok temannya adalah hantu yang mempunyai wujud asli menyeramkan. Elly pun mencari jalan untuk memisahkan Risa dari sahabat barunya tersebut yang ternyata adalah hantu-hantu Belanda.

Sembilan tahun kemudian, Risa dan adiknya, Riri (Sandrinna Michelle), kembali ke rumah tersebut untuk menjaga sang nenek. Kejadian-kejadian aneh kembali terjadi. Puncaknya, Riri menghilang. Risa pun harus menyelamatkan adiknya dari hantu jahat yang berencana membawa Riri ke dunia lain.

Adegan saat Risa memanggil teman-temannya dengan lagu Sunda juga sering dilakukan oleh Risa Saraswati saat tampil dipanggung musik yang membuat para penonton merinding. Oh My God!!! Kalau tidak percaya, datang saja ke konser Risa Saraswati dan dengarkan lagu “Bilur”. Dalam konsernya, Risa yang kerap tak menggunakan alas kaki pasti menyelipkan lagu berbahasa sunda berjudul Boneka Abdi (Boneka Saya).

Mengulas film Danur, sinematografi karya sineas satu ini terbukti dapat membuat buluk kuduk berdiri. Adegan-adegan dalam film dibalut dengan suasana yang gelap. Pengerjaan sound mixing dan musik scoring film yang dikerjakan oleh Ricky Lionardi akan memekakan telinga.

Jika membandingkan dengan fim horor Hollywood, Danur mempunyai karakter adegan yang serupa dengan Insidious dan The Conjuring. Alih-alih membuat penonton takut karena sosok hantu, pengalaman menonton film ini lebih menimbulkan reaksi kaget melalui pengarahan sutradara yang memang bertujuan untuk mengejutkan.

Dalam premier Danur pada 30 Maret lalu, ada fakta yang menarik terungkap soal cerita di balik layar.

Pertama, lima kursi duduk penonton dikosongkan dibalut dengan kain putih. Kursi itu disediakan untuk teman-teman hantu Risa yakni Peter, William, Jensen, Hendrik, dan Hans. Kedua, Pemeran Risa yakni Prilly Latuconsina sempat meminta dibukakan mata batinnya agar bisa melihat hantu. Peran ini dianggap Prilly paling susah selama ia terlibat di layar lebar.

Meskipun tidak bisa disamakan dengan film horor Hollywood, Anda akan menyayangkan jika melewatkan film Danur. Plot film yang mengangkat hantu-hantu zaman Belanda dan bukan hantu yang yang biasa kita kenal akan memberikan pengalaman yang berbeda.

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account