Fingerprint Scanner Mastercard Rampung Tahun Ini

Mastercard

Velodrome – Mastercard saat ini tengah menguji sebuah teknologi pengaman berupa fingerprint scanner (pemindai sidik jari) yang ditanamkan di kartu kredit. Seperti yang kita ketahui, selama ini otorisasi atau identifikasi transaksi kartu kredit biasanya menggunaka PIN ataupun juga tanda tangan.

Perkembangan tekhnologi yang begitu pesat juga mempengaruhi pertumbuhan sektor lainnya. Salah satu contoh sektor yang sangat berpengaruh adalah sistem pembayaran. Karena tidak bisa dipungkiri dengan perkembangan tekhnologi yang begitu cepat, sistem pembayaran juga terseret olehnya.

Saat ini, teknologi pemindai sidik jari ini tengah diuji coba di Afrika Selatan. Dan selanjutnya akan diperluas di Eropa dan juga Asia Pasifk dalam beberapa bulan ke depan. Perusahaan jasa finansia yang berbasisi di New York, Amerika Serikat ini menargetkan kartu kredit dengan tekhnologi fingerprint scanner bakal rampung diuji coba dan siap di pakai di tahun ini juga.

Mastercard

Image by Kaspersky Blog

Ajay Bhalla, sebagai Kepala Bagian Keamanan dari Mastercard menyebutkan jika penggunaan biometric yang berupa sidik jari ini lebih praktis dan juga aman dibanidngkan dengan metode yang digunakan sebelumnya yakni PIN ataupun juga yang masih memanfatkan tanda tangan.

Sebelumnya memang sudah diteliti oleh beberapa peneliti jika seseorang bisa mengambil contoh sidik jari di ponsel. Namun, pihak peneliti menyebutkan jika sidik jari ini lebih aman dan praktis dibandingkan dengan PIN tradisional yang saat ini dipakai.

Baca Juga : Sistem Pembayaran Mobile : Masuki Era E-Money

Kabarnya kartu kredit yang ditanami pemindai sidik jari ini akan memiliki ukuran yang lebih tebal dibandingkan dengan kartu kredit pada umumnya. Sementara untuk transaksinya bisa dilakukan dengan mengunakan mesin pembaca kartu seperti yang selama ini digunakan.

Cara menggunakannya lumayan mudah, cukup menahan jari di bagian fingerprint scanner saat kartu kredit diselipkan di mesin pembaca EMV (Europay, Mastercard, dan Visa). Bagi para pengguna yang menginginkan tekhnologi ini nantiya diharuskan untuk registrasi sidik jari yang selanjutnya ditransefr ke chip dalam bentuk template yang telah terenkripsi.

Tentunya tekhnologi baru ini akan membuat para pengguna kartu kredit jadi lebih merasa aman dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Sumber: http://indianexpress.com/

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account