Fotografer Legendaris Irving Penn dan Revolusi Fotografi Fashion

Fotografer Legendaris Irving Penn dan Revolusi Fotografi Fashion

Velodrome – Fotografi fashion tidak bisa diremehkan karena posisinya sangat penting untuk menyampaikan pesan visual dalam editorial, fashion spread, dan campaign. Irving Penn adalah salah satu fotografer mode yang terkenal lewat karya-karyanya.

Fotografer still dan fashion legendaris asal Amerika Serikat ini mampu berinovasi sehingga menjadi salah satu sosok yang dihormati di dunia fashion.

Meskipun sudah meninggal dunia pada 2009 silam, karyanya tetap hidup di hati para pemerhati fashion dan bahkan kalangan umum. Dedikasinya melalui fotografi fashion bisa kita lihat dalam karya-karyanya yang fenomenal.

Fotografer Legendaris Irving Penn dan Revolusi Fotografi Fashion

Irving memeriksa hasil negatif film. – Doc Irving Penn Foundation

Irving Penn adalah fotografer yang sebagian karyanya adalah foto portrait dengan komposisi yang sederhana namun punya pernyataan kuat dalam setiap elemen gambarnya. Fotografer kelahiran New Jersey, 16 Juni 1917 itu dinilai menjadi sosok revolusioner dalam industri fashion yang banyak mempengaruhi budaya. Kadang brilliant dan kadang kontroversial. Karyanya kadang menuai pujian tetapi juga mengejutkan.

Karirnya selama 60 tahun di American Vogue mambawanya pada penghargaan Hasselblad Award, sebuah penghargaan yang diberikan oleh Hasselblad Foundation International Award in Photography bagi fotografer yang diakui karya-karyanya.

Karya fotografinya saat ini pun terpampang di Metropolitan Museum of Art dan San Francisco Museum of Modern Art. Hal tersebut menjadi legitimasi bahwa ia adalah fotografer paling berpengaruh di abad ke-20. Karyanya hidup sejak era fotografi greyscale, black and white, dan foto-foto berwarna.

Medium dan Shape Emphasize

Fotografer Legendaris Irving Penn dan Revolusi Fotografi Fashion

Doc Irving Penn Foundation

Pada masa mudanya, ia sudah mengetahui bahwa fokus fashion adalah bentuk dan siluet yang menjadi bagian dari citra desain sebuah busana. Ia  selalu mencintai bentuk tubuh wanita yang ia aplikasikan dalam medium yang minimalis, pemanfaatan cahaya natural, dan kontras yang bisa menonjolkan objek utama. Irving Penn memang cenderung memilih setting yang bisa menonjolkan objek utama.

Hasilnya, kita bisa menikmati siluet yang jelas pada foto-foto Irving Penn. Di era saat ini, sudah banyak metode fotografi serupa yang digunakan oleh fotografer untuk membuat fashion spread atau foto studio.

Awal karier Irving sebagai desainer grafis membawanya pada sentuhan seni yang mendalam dengan mengarahkan model ke berbagai gaya yang juga menjadi signature dari gaya-gaya model saat ini.

Timeless, Simplicity dan Elimination

Fotografer Legendaris Irving Penn dan Revolusi Fotografi FashionBanyak karya foto sang legenda yang sengaja dibuat hitam putih atau black and white dan greyscale. Hal ini lah yang justru memberikan kesan bahwa foto tersebut timeless dan tidak akan termakan usia. Foto hitam putih yang dibidik banyak menjadi inspirasi fotografi fashion dengan tema klasik dan simplicity.

Ia berusaha menyampaikan detail dengan menghilangkan hal yang mengganggu sehingga pusat perhatian tetap tertuju pada objek utama yakni busana dan sang model. Meskipun ia tergolong old-fashion fashion photographer, statement dalam gambar justru sangat jelas sehingga pesan-pesan tersebut mudah dibaca oleh mode enthusiast.

Provokatif dan Surealism Beauty

Fotografer Legendaris Irving Penn dan Revolusi Fotografi FashionSatu lagi yang menjadi ciri khas Irving Penn dalam menciptakan karya fotografi adalah sebuah keberanian memadukan elemen realis menjadi suatu hal yang surealis. Hal tersebut bisa dilihat dalam foto-foto editorial Vogue untuk mendeskripsikan beauty editorial. Ia pernah bekerjasama dengan salah satu beauty editor yang juga terkenal dengan ide-ide kontroversial.

Hal yang paling melekat di hati para pemerhati fashion adalah saat ia membidik bibir untuk editorial sebuah lipstik dengan meletakkan lebah hidup tepat di atas bibir model. Ada pula editorial untuk skin care yang ditunjukkan dengan beberapa buah-buahan alami yang bisa menjaga kulit. Foto editorial untuk face mouisturizer pun ditunjukkan dengan susu yang disiram ke wajah model. What a brilliant idea.

Sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account