Galeri Indonesia Kaya Tampilkan Pertunjukan Tari Topeng Nusantara

Galeri Indonesia Kaya Tampilkan Pertunjukan Tari Topeng Nusantara

Velodrome – Masih dalam rangka perayaan ulang tahun keempat Galeri Indonesia Kaya, Minggu (22/10) di museum budaya tersebut tampil pertunjukan tari topeng nusantara berjuluk ‘Di Balik Topeng’. Penampilan tersebut diperagai oleh Bengkel Tari Ayubulan bersama Pusbitari, Exotica Borneo dan Daya Presta.

“Sesuai dengan tema di bulan Oktober ini, Bhinneka Itu Ika, hari ini Galeri Indonesia Kaya menghadirkan keragaman Topeng Nusantara yang disajikan dalam pertunjukan tari Di Balik Topeng. Bersama para maestro di bidang tari, pertunjukan ini akan menampilkan jenis tari topeng yang ada di berbagai daerah seperti Betawi, Kalimantan, Jawa Barat dan Bali. Semoga pertunjukan ini dapat menjadi sarana bagi para penikmat seni untuk lebih mengetahui sejarah di balik topeng nusantara yang menjadi salah satu warisan budaya khas Indonesia,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Sesuai dengan namanya, Tari Topeng merupakan tarian yang menggunakan topeng sebagai penutup wajah. Topeng sendiri telah ada di dunia sejak zaman pra-sejarah. Secara luas digunakan dalam tari yang menjadi bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur. Diyakini bahwa topeng memiliki kaitan erat dengan roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dewa-dewa. Pada beberapa suku, topeng masih menghiasi berbagai kegiatan seni dan adat sehari-hari.

Selain berkaitan dengan roh leluhur, topeng-topeng juga dibuat untuk pementasan sendratasi yang menceritakan kisah. Sebagai contoh, cerita klasik Ramayana dan cerita Panji yang berkembang sejak ratusan tahun lalu menjadi inspirasi utama dalam penciptaan Tari Topeng di Jawa. Topeng digunakan pula dalam jenis tari kontemporer untuk menggugah rasa dan kesadaran penonton.

Pertunjukan berdurasi 90 menit ini dibuka dengan penampilan Ayubulan yang membawakan tarian Topeng Pengawit Tapel dari Bali dan kemudian  menampilkan sanggar tari Daya Presta dengan Tarian Topeng Kedok Ekspresi khas Betawi, sanggar tari Pusbitari dengan Tarian Topeng Kelana Kasmaran dari Cirebon, Jawa Barat, sanggar tari Exotica Borneo yang menarikan Tarian Topeng Hudoq khas Dayak dan Bengkel Tari Ayubulan yang membawakan Tari Topeng dari Bali berjudul Topeng Telek Jauk. Acara kemudian ditutup dengan tarian ciptaan Ayu Bulantrisna yang dibawakan bersama-sama.

“Tari Topeng merupakan tarian yang dikenal di seluruh penjuru nusantara, bahkan di seluruh penjuru dunia. Ada banyak ragam jenis Tari Topeng di setiap daerah dengan ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. Meskipun tarian ini telah dikenal, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan berbagai jenis Topeng di Nusantara dan asal muasal serta perkembangannya. Pada hari ini, kami mencoba untuk menampilkan beberapa tarian topeng khas nusantara dan bercerita sedikit tentang sejarah di balik topeng itu sendiri. Selamat menikmati! ” ujar Ayu Bulantrisna Djelantik disela-sela pertunjukan tari Di Balik Topeng.

Bengkel Tari Ayu Bulan adalah sebuah kelompok tari yang kegiatannya berfokus pada konservasi tari Bali khususnya Legong gaya Peliatan. Kelompok ini dibentuk pada tahun 1994 oleh dr. Bulantrisna Djelantik yang merupakan murid langsung dari Gusti Made Sengog dan telah menjadi penari Istana Kenegaraan RI sejak kecil.

Meski mengembangkan tari Bali di luar daerah kelahirannya, kelompok ini telah tampil di berbagai kesempatan baik berskala nasional maupun internasional dan terbukti mampu mengharumkan nama bangsa dalam berbagai misi kebudayaan.

Seiring dengan perkembangan zaman serta teknologi, Bengkel Tari Ayu Bulan terus berusaha menampilkan karya tradisi yang berkolaborasi dengan berbagai disiplin seni lain sehingga memperluas jaringan kros-kultural yang menjadi kunci penting dalam perkembang kebudayaan saat ini.

Berikut terlampir pertujukan rangkaian ulang tahun Galeri Indonesia Kaya lainnya yang juga dapat disaksikan secara streaming melalui www.indonesiakaya.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account