Gmail Android Sudah Bisa Kenali dan Blok Serangan Phising

Gmail Android

Velodrome – Pada Rabu (3/5/2017) kemarin, Google telah meuncurkan anti-phising security untuk para pengguna Gmail Android. Jadi mulai dari sekarang, pihak Gmail akan memberikan warning saat ada link atau hal-hal yang mencurigakan dikirimkan ke akun Anda. Begini isi warning dari team Gmail Android.

“Situs yang ingin Anda kunjungi telah diidentifikasi atau dikenali sebagai pemalsuan, yang dimaksdukdan untuk menipu agar Anda memberikan informasi detail mengenai keuangan, pribadi, ataupun juga informasi penting dan sensitive lainnya” tulis peringatakn itu yang disertai dengan pilihan untuk terus terhubung dengan web yang dituju atau tidak

Image by http://mashable.com

Tidak hanya itu saja, Alphabeth Inch bahkan di peluncurannya mengingatkan para pengguna untuk selalu mencermati kiriman-kiriman ke akun Anda. Lebih spesifik lagi berupa tautan-tautan atau link yang berisikan Google Docs. Setelah banyaknya keluhan di media sosial, ternyata itu merupakan umpan dari serangan phising.

Jika orang-orang nantinya masuk ke dalam Google Docs tersebut, phising seanjutnya akan memunculkan layar sign-in untuk masuk ke akun Gmail Android. Lalu setelah itu pengguna dimintai konfirmasi untuk melanjutkan ke Google Docs. Dan setelah berhasil masuk inilah, pengguna diarahkan untuk masuk ke web si peretas tanpa disadari.

Tentu saja jika terjadi bisa menimbulkan kerugian pada seseorang. Apalagi seperti yang kita ketahui saat ini, Gmail menjadi salah satu akun yang didaftarkan di akun bank, asuransi, dan lain sebagainya. Bisa-bisa uang yang terdapat di bank atau di penyipanan lainnya digasak habis oleh si peretas.

Baca Juga : Gmail Pernah Dianggap Guyonan Oleh CEO Google

Dan untuk mengatasi masalah tersebut, seperti yang dijelaskan pada awal, Google telah meluncurkan anti-phising yang setidaknya bisa meminimalisir adanya penipuan atau penggiringan terhadap hal-hal yang tidak dikehendaki.

Secara bertahap, fitur baru dari Google ini akan diluncurkan oleh seluruh pengguna Gmail di Android, dan mungkin perangkat lainya akan segera menyusul. Meskipun begitu, tidak jelas apakah fitur baru yang dikembangkan Google ini akan maksimal dalam melawan serangan phising yang jumlahnya semakin berlipat ganda. Serangan phising bisa saja lebih ganas dari sebelumnya. Mari kita sebagai pengguna waspada dalam melakukan transaksi secara online.

Sumber: http://mashable.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account