Google Play Hentikan Dukungan untuk Android Versi Lawas

Google Play

Velodrome – Google kabarnya akan menarik dukungan Google Play Store atau yang disebut juga dengan Android Market untuk beberapa versi Android yang sudah lawas. Setelah sebelumnya Facebook mengambil langkah untuk menghentikan dukungan WhatsApp ke beberapa platform lawas.

Awal bulan ini, Google merilis bagan distribusi bulanan yang menampilkan fragmentasi versi Android. Untuk Android tipe baru seperti halnya Lollipop, Marshmallow dan juga Nougat memang tengah mendominasi pasaran. Sementara untuk Android versi lawas seperti Froyo kini penggunanya telah menyusut di bawah 0,1 persen.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, rencananya pada 30 Juni ini Google akan menghentikan dukungannya terhadap penggunaan Google Play pada versi Android lawas, seperti 2.1 Éclair dan yang lebih lawas lagi, maka Google Play Store hanya akan mendukung sistem Android 2.2 dan versi yang lebih baru.

Google Play

Android Eclair
Image by androidheadlines.com

Google dalam blog pengembang Androidnya menuliskan jika,

“sudah 7 tahun sejak peluncuran Android 2.1 Éclair. Dan sebagian besar pengembang sudah tidak mendukung lagi versi Android ini untuk berbagai aplikasi meraka, dan sekarang mereka hanya menyediakan sejumlah kecil aplikasi. Dengan kata lain, mulai tanggal 1 Juli 2017 ini, Android Market akan diistirahatkan untuk semua perangkat yang menjalankan OS Android 2.1 Éclair dan versi yang lebih lawas. Penghentiannya dilakukan tanpa pemberitahuan karena beberapa batasan teknis di aplikasi Android Market” sebagaimana dilansir dari gadgets.ndtv.com

Baca Juga : Nokia Kini Rambah Lini Perangkat Kesehatan Pintar

Setelah 30 Juni, para pengguna yang memiliki perangkat Andorid 2.1 dan versi yang lebih tua akan memiliki opsi mengisntal APK secara manual dari aplikasi yang diinginkan, namun tidak disarankan untuk mendownload dari aplikasi yang tidak resmi atau tidak dikenal.

Sementara itu, perangkat yang lebih baru, Android 2.2 ke atas masih akan mendapatkan dukungan dari Google Play selama mungkin. Dan sebagai catatan, sebagian besar aplikasi populer telah menghentikan dukungan kepada platform Android lawas seperti 2.1 Éclair, 2.2 Froyo, dan 2.3 Gingerbread.

Namun WhatsApp baru-baru ini mengumumkan jika mereka berubah pikiran dan akan memberikan dukungan pada Android 2.3 Gingerbread dan yang lebih tua hingga Februari 2020.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account