Google Rombak Keamanan Gmail untuk Antisipasi Serangan Phising

Keamanan

Velodrome – Beberapa waktu yang lalu, keamanan dunia maya sekan diuji oleh para hacker kelas atas. Serangan bertubi-tubi mulai dari menggunakan phising di Gmail, ransomware WannaCry, dan juga yang terbaru Malware Judy yang menyerang Android, membuat perusahaan raksasa dunia semakin memperketat keamanannya.

Baru-baru ini Google menyebutkan jika telah melakukan pembaharuan keamanan di aplikasi perpesanan Gmail dengan jalan memblokir phising. cara yang beberapa waktu lalu sering digunakan para hacker untuk mendapatkan informasi sensitif seperti kata sandi, detail kartu kredit, dan juga pengguna akun. Menakutkan sekali ya jika Gmail kita sudah dikuasai oleh hacker?

Mengenai pembaharuan dalam sistem keamanan di Gmail ini, Google melakukan perombakan mencakup deteksi awal peringatan untuk tidak mengklik tautan yang dianggap mencurigakan, sampai peringatan balasan. Google mengklaim jika Gmail bisa melakukan deteksi serangan dan mampu memblokir pesan phising ataupun juga spam dengan akurasi yang nyaris sempurna yakni 99,9 persen.

Image by gcflearnfree.org

Mengenai peringatan balasan, Gmail akan menampilkan peringatan eksternal yang tidak sengaja kepada para penggunanya. Hal ini dimaksudkan agar membantu mencegah hilangnya data. Dan misalnya saja, setiap kali Anda ingin mengirimkan balasan atas email seseorang, Gmail akan memperingatkan untuk memastikan apakah benar Anda sendiri yang membalasnya.

Tentu saja tidak semua phising atau spam yang masuk akan diberi peringatan itu. Hanya sebagian saja yang dianggap mencurigakan oleh Gmail. Tim Gmail akan tahu jika Anda sering berinteraksi dengan kotak tersebut berkat adanya fitur yang bernama intelijen kontekstual, sehingga pengguna tak akan menerima peringatan apapun.

Baca Juga : Fitur Baru Google Translate Jadikan Terjemahan Enak Dibaca

Dan pembaharuan ini dimaksudkan agar para pengguna Gmail tidak kehilangan data berharga saat menggunakan aplikasi besutan Google ini. Dan selain itu juga dimaksudkan agar pengguna terhindar dari berbagai penipuan yang akhir-akhir ini marak di internet.

Dengan langkah yang diambil Gmail ini, para pengguna bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, serangan hacker atau yang lainnya lewat phising dan juga spam ini begitu merugikan. Jika Anda adalah orang yang selalu aktif menggunakan Gmail untuk berbagai aktivitas,apalagi untuk pembayaran, pastinya akan tahu kerugian yang bisa terjadi.

Sumber: engadget.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account